Dinas Damkar Kab.Sukabumi Kekurangan Unit & Personil

Pewarta : Avenk/Ajid

Koran SINAR PAGI,Kab.Sukabumi,- Musim kemarau berkepanjangan menjadi salah satu faktor terjadinya kerawanan bencana, terutama kebakaran.

Di wilayah Kabupaten Sukabumi saja, selama musim kemarau ini berlangsung telah beberapa kali terjadi kebakaran, baik kebakaran rumah warga maupun lahan terbuka.

Namun sangat disayangkan, tak jarang kebakaran yang terjadi tersebut tidak dapat ditangani dengan cepat oleh petugas pemadam kebakaran, hal ini terjadi selain karena sulit mendapatkan air akibat kekeringan, juga dikarenakan sarana dan prasarana yang dimiliki petugas Damkar kurang memadai.

Seperti yang diungkapkan Usep Wawan, Ketua Fraksi Gerindra, DPRD Kabupaten Sukabumi kepada koransinarpagijuara.com saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (06/09/19).

Menurutnya, untuk menangani 47 kecamatan yang ada, Dinas Pemadam Kebakaran Kab.Sukabumi saat ini hanya memiliki 10 (sepuluh) unit kendaraan Damkar aktif dari 12 unit yang tersedia dengan 97 orang personil

Padahal lanjut Usep, idealnya setiap 1 unit kendaraan Damkar diproyeksikan untuk penanganan bencana di 2 (dua) kecamatan, jadi, untuk penanganan bencana di 47 kecamatan, setidaknya Dinas Pemadam Kebakaran Kab.Sukabumi harus memiliki 25 unit Kendaraan Damkar.

Selain itu, kata dia lagi, jumlah personil yang ada sekarang pun dinilai jauh dari kata ideal, “Jumlah personil yang ada pun sangat kurang, sedikitnya, Damkar seharusnya memiliki 150 orang personil,” tambahnya.

Terkait hal ini, Usep mengaku, pihaknya akan mendorong Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk melakukan penambahan kelengkapan sarana dan prasarana di Dinas Pemadam Kebakaran.

“Kami di DPRD akan mendorong Pemerintah Kab.Sukabumi untuk melakukan penambahan kelengkapan sarana dan prasarana di Dinas Pemadam Kebakaran, ya…. paling tidak mendekati jumlah ideal lah, agar pelayanan penanganan bencana kepada masyarakat lebih optimal,” tandasnya.

(32)