Apa Pentingnya Mengetahui Hari Jadi Sebuah Kota / Kabupaten ?

Foto : Pendopo Kab.Sukabumi Tempo Doeloe

Penulis : Fikri Maulana
Ketua BEM HMI, Kecamatan Palabuhanratu
Kabupaten Sukabumi

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Hari jadi Kabupaten Sukabumi adalah sebuah peringatan yang diadakan untuk memperingati lahirnya Kabupaten Sukabumi. Hari jadi Kab.Sukabumi yang semula dirayakan setiap tanggal 01 Oktober dengan pijakan kelahiran tahun 1945 beriringan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, terhitung sejak tahun 2019 ini, telah dirubah menjadi tanggal 10 November dengan pijakan tahun kelahiran 1870.

Hal ini dilakukan Pemerintah Kab.Sukabumi sebagai jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari berbagai kalangan masyarakat seperti, mengapa hari jadi Kab.Sukabumi lebih muda dari Kota Sukabumi, padahal sebelum terbentuknya Kota Sukabumi, Kab.Sukabumi sudah ada lebih dulu.

Sehubungan hal tersebut guna menentukan hari jadi Kabupaten Sukabumi, telah dilakukan penelusuran sejarah, dokumen dan studi komparasi dengan pendekatan landasan filosofis, landasan sosiologis dan yurisdis, dimulai dari rangkaian kajian yang panjang diberbagai tempat dengan melibatkan berbagai stakeholders dan pakar sejarah yang dianggap mewakili kalangan yang memahami sisi historis, sosiologis, administratif dan aspek lainnya.

Kesepakatan perubahan tanggal hari jadi pun akhirnya ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 14 Tahun 2018.

Memang sebuah upaya mencapai kesepakatan yang tidak mudah, namun ini tentu adalah hal yang patut disyukuri dan diapresiasi, sekalipun masih adanya perdebatan diberbagai kalangan.

Apa Pentingnya Mengetahui Tanggal Hari Kelahiran / Hari Jadi Sebuah Kota/Kabupaten ?

Mungkin adalah sebuah pertanyaan yang sangat klise, sehingga dengan mudah akan mengundang beragam jawaban, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling serius, dari yang paling konyol hingga yang paling masuk akal. Itu adalah sebuah persepsi yang kemungkinannya mungkin tidak terbatas.

Sebagaimana dijelaskan pada pasal-pasal Peraturan Daerah tentang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi dimaksud, bahwa hari ulang tahun yang merupakan peringatan hari jadi Kabupaten Sukabumi, merupakan kegiatan mengingat kembali eksistensi Kabupaten Sukabumi pada masa lalu dan masa kini untuk meraih kemajuan pada masa akan datang.

Menurut penulis sendiri, hari jadi adalah sebuah momentum bersejarah yang menjadi peringatan hari kelahiran bagi masyarakat daerah, dan untuk menambah rasa memiliki demi kemajuan masyarakat dan pemerintah daerah.

Hari jadi ini harus menjadi spirit baru untuk perubahan Kab.Sukabumi kearah yang lebih baik, khusunya dalam hal kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. mengingat hari jadi tgl 10 September ini merupakan perayaan awal dari perubahan hari jadi sebelumnya.

(28)