Cimahi Raih Peringkat Pertama Anugerah IPTEK dan Inovasi Budhipraja Tahun 2019

Pewarta : Liputan Khusus

Koran SINAR PAGI, Cimahi,- Pemerintah kota Cimahi meraih Anugerah Iptek dan Inovasi Budhipraja 2019 kategori kota yang digelar oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan diberikan sebagai apresiasi terhadap pemerintah daerah kota terkait kinerja untuk memperkuat inovasi di wilayahnya. Kota Cimahi mendapat peringkat Peringkat Pertama dalam kategori Budhipraja, diikuti kota Tegal dan kota Tarakan menduduki peringkat kedua dan ketiga.

Penghargaan Budhipraja diterima secara langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir, pada puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 yang dipusatkan di Bali pada tanggal 28 Agustus 2019 yang dihadiri oleh Wakil presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla.

Hakteknas tahun ini mengangkat tema: “Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0” dan sub tema: “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa”. Anugrah Budhipradja ini melengkapi penghargaan lainya dalam bidang inovasi pelayanan publik tahun 2019 yang diselenggarakan oleh KemenPanRB melalui Gastrodiplomacy Cireundeu yang masuk Top 45.

Selain itu, juga melalui 96 inovasi yang ada di kota Cimahi telah terpilih sebagai satu dari dari 100 kota cerdas (smart city) di Indonesia oleh Kemkominfo, dari 96 inovasi tersebut terdapat 5 quick wins yaitu pengembangan inkubasi bisnis dan technopark, gastrodiplomacy Cireundeu, Cimahi Miliraty Heritage, urban farming dan Kader perencana pembangunan.

Prestasi ini adalah pencapaian istimewa Kota Cimahi, karena menjadi satu-satunya kabupaten kota di Jawa Barat yang menerima penghargaan tahun ini. Penghargaan Budhipraja merupakan anugerah yang diberikan untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dalam penguatan Sistem lnovasi Daerah. Penilaian dilakukan berdasarkan strategi inovasi pemerintah daerah, penguatan kolaborasi, penguatan inovasi produk unggulan daerah, penguatan infrastruktur digital dan komitmen pimpinan daerah.

Sebelumnya, pada tahun 2017, Kota Cimahi masuk 5 besar Anugrah Budhiparaja, dan di tahun 2019 ini, kerja keras dan komitmen yang kuat berhasil mengantarkan Kota Cimahi menjadi kota terbaik se-Indonesia dalam penguatan Inovasi Daerah. Atas raihan ini Walikota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengucapkan rasa syukur yang tak terhingga.

Diharapkan dengan adanya anugerah tersebut Pemerintah Kota Cimahi terus berinovasi yang diperuntukan untuk kemajuan Kota Cimahi yang serta sebagai motivasi lebih ASN Kota Cimahi agar terpacu ke depan untuk lebih memikirkan inovasi- inovasi yang yang dibuat bermanfaat untuk masyarakat.

Selain Penghargaan Budhi Praja Pemerintah Kota Cimahi Juga meraih Juara Satu stand terbaik kategori Batlitbang Daerah pada Pameran Research. Innovation, Technology Expo- RITECH 2019 dalam Hari Kebangkitan Tekonlogi Nasional (HARTEKNAS) ke 24.

(17)