Ruas Jalan Cisaga – Rancah Hayawang – Rancah Baregbeg, Minim Rambu – Rambu Lalu Lintas

Pewarta : Dudi Krisnandar

Koran SINAR PAGI, Ciamis,- Jalan mulus berhotmix yang menghubungkan Cisaga – Rancah Hayawang dan Rancah Baregbeg membuat para pengguna kendaraan bermotor merasa nyaman sehingga terkadang memacu laju kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Hal ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran berbagai kalangan masyarakat akan terjadinya kecelakaan, terlebih marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas serta zona selamat sekolah di ruas jalan tersebut sangat kurang.

Dari data yang diperoleh koransinarpagijuara.com, dalam tahun ini saja sudah terjadi banyak kecelakaan, seperti yang baru-baru ini terjadi di depan Balai Dusun Cileungsir, kendaraan roda empat dan roda dua bertabrakan, bahkan di daerah Cipeti pengendara motor menabrak pejalan kaki.

Kondisi ini diperparah dengan banyaknya pejalan kaki seperti anak sekolah saat berangkat atau pulang sekolah memggunakan bahu jalan untuk berjalan kaki, sehingga kian menambah kerawanan terjadinya kecelakaan.

Menurut pengakuan beberapa kepala desa dan kepala sekolah yang berada di jalur tersebut, pihaknya telah mengajukan surat permohonan kepada Bupati melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis yang juga difasilitasi oleh anggota DPRD Ciamis dari Partai Golkar, H Uus Jayusman perihal kebutuhan marka jalan, rambu-rambu lalulintas dan zona selamat sekolah.

Kepala SMKN Rancah, Joko amaryono saat dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan bahwa pihaknya telah mengajukan hal tersebut ke Dinas Perhubungan, mengingat sangat ramainya jalur tersebut, sehingga banyak terjadi kecelakaan.

“Keberadaan marka dan rambu – rambu lalu lintas serta zona selamat sekolah sangat dibutuhkan, sebagai sarana antisipasi terjadinya kecelakaan,” ucapnya, Sabtu (31/08/19).

Selain itu lanjutnya, masyarakat dan para pengguna kendaraan bermotor perlu meningkatkan pemahaman terhadap rambu-rambu lalulintas marka jalan dan zona sman sekolah.

“Dengan adanya rambu – rambu lalu lintas bisa membuat para pengguna kendaraan bermotor lebih berhati – hati, sehingga dapat mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi di jalur tersebut,” tandasnya.

(146)