Kecamatan Wanayasa Diduga Tolak Usulan Bamusdes Terkait Pjs Kades Simpang

Foto : Ketua Bamusdes Simpang Agus Setiawan

Pewarta : Dede M Ramlan

Koran SINAR PAGI, Purwakarta,- Bupati Purwakarta Hj.Anne Ratna Mustika melantik 83 orang Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa se-Kabupaten Purwakarta bertempat di Gedung Bale Yudistira Purwakarta, Kamis (29/08/19).

Seperti halnya, di Wilayah Kecamatan Wanayasa terdapat 8 kades yang habis masa jabatannya tertanggal 28 agustus 2019.

Sesuai UU Desa no 6 tahun 2016 Tentang Desa, maka Kepala Desa yang habis masa jabatannya harus diganti oleh seorang Penjabat Sementara (Pjs) dari kalangan PNS.

Berkaitan dengan hal ini, di wilayah Kecamatan Wanayasa akan dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) dari Kades habis masa jabatan kepada Penjabat Sementara (Pjs) yakni Desa Babakan Uci Sanusi kepada Drs.Asep Hoerudin, Desa Nagrog dari Iwan Setiawan kepada Faturahman, Desa Simpang Sulaeman kepada Nandang.

Selanjutnya, Desa Ciawi Agus Santoso kepada Daniswara,M.Kes, Desa Wanayasa Aam Muharam kepada Babang, M.Pd, Desa Wanasari Yahya kepada Khondi, Desa Sukadami Satibi Darwis kepada Dadang dan Desa Raharja Ujang Abdurohman kepada Hasan.

Diantara ke 8 desa tersebut, sebelunnya Desa Simpang melalui Pihak Bamusdes sudah mengusulkan seorang PNS dari Dinas Komunikasi dan Informasi Purwakarta Iwan Sonjaya,SE agar direkomendasikan menjadi Penjabat Sementara Kades Simpang.

Menurut Ketua Bamusdes Simpang Agus Setiawan, Jum’at (30/08/19), masa jabatan Kades Simpang Sulaeman terhitung sejak 28 agustus 2019 telah habis.

“Atas dasar keinginan dan sesuai aspirasi masyarakat Desa Simpang mengusulkan Sdr.Iwan Sonjaya selaku PNS yang saat ini aktif bertugas di Diskominfo Purwakarta untuk menjadi Penjabat Kepala Desa Simpang,” ujarnya.

Dikatakan Agus, Bamusdes Simpang sudah melayangkan Surat Pengajuan Penjabat Kepala Desa Simpang tertanggal 13 Agustus tahun 2019 Nomor 474/04/BAMUSDES/VIII/2019 kepada Pihak Pemerintah Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta.

“Kami berharap pihak Kecamatan Wanayasa melalui Pihak DPMD Purwakarta agar mempertimbangkan sekaligus merekomendasikan Sdr.Iwan Sonjaya menjadi Penjabat Kepala Desa Simpang,” ujarnya.

Saat ini lanjutnya, pihaknya menunggu informasi dan keputusan dari pihak Kecamatan Wanayasa maupun DPMD Purwakarta dan kiranya mengabulkan Sdr.Iwan Sonjaya menjadi Penjabat Kepala Desa Simpang, tambahnya.

Alasan warga masyarakat Desa Simpang memilih Sdr.Iwan Sonjaya agar diangkat menjadi Penjabat Kades Simpang, ujarnya, karena selain seorang PNS/ANS, Iwan warga asli Desa Simpang.

Selain itu kata Agus Lagi, Iwan sebelumnya pernah menjabat Sekretaris Desa Simpang dan menjadi Pegawai di Kecamatan Wanayasa.

Sangat disayangkan, lanjut Agus sampai di ujung Pelantikan Pjs Kades Simpang oleh Bupati Purwakarta tidak ada jawaban yang pasti, baik dari Pihak Kecamatan maupun DPMD Purwakarta.

“Kami tidak memaksakan kehendak, namun melangkah sesuai aturan dan aspirasi masyarakat Desa Simpang,” ujarnya.

Sementara itu, Iwan Sonjaya sendiri sudah mendapat izin dari Kadis Kominfo Purwakarta dengan Surat Izin Tertanggal 13 Agustus 2019 Nomor 800/439/Kepeg/2019 yqnh ditandatangani oleh Dra.Hj.Siti Ida Hamidah,MM, untuk mengemban tugas sebagai Pjs Kades Simpang sesuai keinginan warga.

Hal yang sama disampaikan tokoh Masyarakat Simpang H.Jenal Aripin, “Saya setuju atas usulan Bamusdes Simpang yakni mengusulkan Sdr.Iwan Sonjaya agar menjadi Penjabat Kepala Desa Simpang. Saya tahu persis sepak terjang Sdr.Iwan dan layak direkomendasikan menjadi Penjabat Kades Simpang. Karna, Ia pernah menjabat Sekdes Simpang sehingga sudah berpengalaman, terutama di bidang pemerintahan desa,”ujarnya.

(123)