Akibat Kemarau Panjang Lagi-Lagi Lahan Hutan Terbakar

Pewarta : Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kab.Sukabumi, kali ini kobaran api berkobar di lokasi kampung Cilengka lebak Cikembang, RT 01/02, Desa Pasirbaru, Kec.Cisolok.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, api mulai terlihat sekitar pukul 13.00 WIB dan hingga saat ini api masih membakar lahan hutan diperkirakan seluas 5 – 7 hektar. 

“Kendaraan pemadam kebakaran sudah diterjunkan, dibantu warga sekitar berusaha memadamkan api,” ujar Andri Firmansyah, Selasa (27/8/2019).

Dijelaskan Andri, belum diketahui penyebab munculnya api, dan pihak kepolisian dari Polsek Cisolok tengah melakukan penelusuran.

“Sejauh ini dari kebakaran lahan tersebut tidak ada laporan korban jiwa, semua unsur terkait Petugas BPBD, Babinsa, Babinmas, dan pemadam kebakaran serta Perangkat Desa setempat masih melakukan penanganan di lokasi,” tandasnya.

Sementara itu, Jaka warga sekitar mengatakan, lahan yang terbakar berdekatan dengan Gunung Puncak Habibi, tidak diketahui persis api berasal dari mana, namun menurutnya api diduga berasal dari lahan perkebunan warga.

“Tadi saya di lokasi, tapi kurang tahu pasti kejadiannya, saat ini api masih berkobar namun sudah mengecil walaupun belum padam,” singkatnya.

(11)