Fantastis, Anggaran Pelantikan Anggota DPRD KBB Mencapai Rp.150 juta

Pewarta : Lina

Koran SINAR PAGI, Kab.Bandung Barat,- Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) periode 2019-2024 yang dilakukan di Hotel mewah Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang yang menghabiskan anggaran lebih dari Rp.100 juta, menuai beragam tanggapan dari warga, terlebih ke 49 orang dari 50 anggota DPRD KBB terpilih menginap satu malam di hotel bintang lima tersebut.

Terkait hal ini, Sekwan KBB, Rony Rudyana enggan memberikan komentarnya, padahal sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik, masyarakat wajib tahu, karena yang dilantik pilihan masyarakat dan kepercayaan masyarakat.

Sekwan KBB, Rony Rudyana

Rudy enggan menyebutkan secara detail anggaran untuk Pelantikan ini, namun demikian dirinya mengakui jika 50 anggota DPRD KBB terpilih mendapatkan jatah menginap semalam di Mason Pine Hotel, dimana harga kamar termurah di hotel ini minimal Rp.800.000 per malam.

“Satu orang anggota DPRD terpilih dapat jatah lima undangan untuk keluarga, namun yang menginap di hotel ini hanya bagi anggota dewan saja, keluarga tidak ada jatah,” ujarnya.

Dia mengemukakan, kamar yang disewa adalah yang paling murah, karena para anggota DPRD terpilih harus menjalani gladi bersih pelantikan pada Minggu (25/8/2019) malam pukul 20.00 WIB.

Rony menyebutkan bahwa ini adalah Paripurna Istimewa dan digelar di hotel, sama seperti saat pelaksanaan Paripurna Istimewa Pidato Kenegaraan Presiden RI atau Hari Jadi KBB, karena tempatnya memadai.

“Soal anggaran saya belum dapat laporan, karena itu bicara angka maka saya tidak mau ngarang-ngarang, harus pasti,” timpalnya.

Salah seorang warga yang datang ke lokasi pelantikan, Asep (50) memperkirakan jika anggaran untuk pelantikan anggota DPRD KBB di hotel berbintang sekelas Mason Pine tidak akan kurang dari Rp150 juta, apalagi ditambah dengan disiapkannya kamar untuk menginap para anggota DPRD terpilih selama satu malam.

Kondisi ini dinilai sebuah pemborosan terlebih APBD KBB tahun ini sedang mengalami defisit, “Sayang aja kalau uang ratusan juta habis dalam sehari, padahal kan bisa saja memilih hotel yang lebih murah, atau memakai ballroom di kompleks pemda sehingga bisa menghemat anggaran. Masih banyak hal-hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan di masyarakat,” ucapnya.

Jika melihat ke daerah tetangga seperti Kota Cimahi, pelantikan para wakil rakyatnya hanya dilakukan di Kantor DPRD di Alun-alun Kota Cimahi, namun hal tersebut tidak mengurangi kesakralan dan esensi acara pelantikan.

Berikut nama – nama Anggota DPRD KBB Periode 2019 – 2024 yang dilantik

Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

1. Nevi Hendri
2. Agus Susanto
3. Iman Budiman
4. Rismanto
5. Hely Narni
6. Gumilar
7. Bagja Setiawan
8. Parid Rida

Gerindra

1. Pipih Supriati
2. Amung Ma’mur
3. Sundaya
4. Darjat Saefudin
5. Hanes Lise
6. Apendi Supriadi
7. Deden Kusuma

PDIP

1. Deni Setiawan
2. Ahmad Dahlan
3. Ida Widaningsih
4. Iwan Ridwan
5. Rahmat Mulyana
6. Taofikurohman
7. Yayat Sudyat

PKB

1. Asep Sudrajat
2. Wendi Sukmajaya
3. Ade Wawan
4. Ahmad Kosasih
5. Alit Munawar

Golkar

1. Sunarya Erawan
2. Cecep Sudrajat
3. Ayi Sudrajat
4. Agus Mahdar Hilmi
5. Dadan Supardan

Nasdem

1. Didin Rachmat
2. Metti Melani
3. Yana Rodiana
4. Novia Lisnawati

Partai Amanat Nasional (PAN)

1. K Wahyu
2. Asep Wahyu Rohendi
3. Caca Herdiana
4. Dona Ahmad Muharam
5. Asep Muslim Sugilar

Partai Demokrat

1. Koswara Suzaenal
2. Cecep Lukman Nurhakim
3. Pither Tjuandy
4. Iwan Setiawan
5. Asep Sopyan

PPP
1. Inen Sutisna
2. Ade Roni
3. Hilman

Perindo

1. Edi Mirwan

(28)