Bupati Sumedang Terima Tim Evaluasi SAKIP

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir menerima Tim Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi Jawa Barat di Ruang Tengah Gedung Negara, Senin (26/8/19).

Ati Khoerwati selaku Wakil Penanggung Jawab Tugas dalam Tim Evaluasi mengatakan, selama 15 hari ke depan pihaknya akan melaksanakan evaluasi atas SAKIP Kabupaten Sumedang Tahun Anggaran 2018.

“Tugas ini menjadi hal yang rutin dilakukan setiap tahun dalam rangka penilaian kinerja dari pelaksanaan pembangunan di Kabupaten/Kota yang berdasar kepada Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, kedatangan Tim Evaluasi SAKIP juga untuk menindaklanjuti hasil evaluasi tahun lalu dimana Sumedang meraih prestasi sehingga mendapatkan penambahan poin dari penilaian sebelumnya.

“Sesuai dengan arahan Bupati Sumedang, kami berharap kerjasama dan koordinasi dari perangkat daerah, yang tentu saja itu akan mendukung kepada penilaian kinerja di Pemerintahan Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati memberikan dukungan atas dilaksanakannya evaluasi SAKIP tersebut dan berharap dengan dilaksanakannya evaluasi ini dapat menjadi motivasi bagi Pemkab Sumedang dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Evaluasi SAKIP ini sesuai dengan Visi Misi Sumedang Simpati, terutama yang ke-4 yaitu Profesional Aparaturnya, kami ingin menata birokrasi pemerintah yang responsif, akuntabel dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Bupati berharap rekomendasi hasil evaluasi yang diberikan oleh tim evaluasi dapat menjadi perhatian khusus yang harus segera ditindaklanjuti agar terjadi peningkatan akuntabilitas kinerja yang lebih baik pada tingkat pemerintah daerah dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kami harap Tim Evaluasi SAKIP dapat memberikan penilaian dengan seobjektif mungkin serta memberikan saran dan masukan jika ada hal-hal yang perlu dibenahi. Saya juga menekankan kepada para Kepala OPD agar dapat membantu kelancaran tugas Tim Evaluasi SAKIP dengan memberikan keterangan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

(8)