Masyarakat Garut Menaruh Harapan Besar Kepada Anggota DPRD Periode 2019 – 2024

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Pasca dilantiknya 50 anggota DPRD Garut, sejumlah elemen masyarakat menaruh harapan besar terhadap Ketua sementara Euis Ida Wartiah dan anggota dewan lainnya untuk menyalurkan aspirasi, namun, belum terbentuknya Alat Kelengkapan Dewan (AKD) menjadi alasan sejumlah penolakan.

Penolakan untuk menerima aspirasi masyarakat dalam bentuk audensi bukan saja dialami oleh elemen KMB, melainkan dilayangkan oleh DPRD Garut terhadap elemen DPD Mapancas Garut.

Ketua DPD Mapancas Kabupaten Garut, Susanto, menilai lembaga DPRD Garut yang saat ini dinahkodai oleh Ketua DPRD sementara Euis Ida Wartiah, bukanlah lembaga yang mewakili rakyat melainkan lembaga untuk membuat sinetron dalam melanjutkan episodenya yang ditinggalkan Ade Ginanjar,” ujarnya, Sabtu (24/8/2019).

Ketua DPD Mapancas Kabupaten Garut, Susanto

Dikatakan Susanto, belum ada nya AKD tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak menerima penyampaian aspirasi masyarakat untuk beraudensi. Karena setelah mngambil sumpah jabatan maka tugas dan fungsi sudah melekat kepada seluruh anggota dewan, hal ini disebabkan karena kurangnya leadership/lemahnya kepemimpinan di DPRD Garut pada saat ini. Sehingga untuk menerima dan berdialog dengan masyarakat saja tidak bisa.

“Mau dibawa kemana DPR Garut ini. Kami mahasiswa pancasila (Mapancas), sangat menyangkan atas sikap pimpinan dewan sementara yang tidak mau menerima audiensi kami. Padhal langkah prosedural sudah kami tempuh dalam upaya menyalurkan aspirasi kepada DPRD Garut ini,” cetusnya.

Ia mengaku, jika lembaga DPRD Garut di pimpin oleh orang yang tidak memiliki leadership yang mumpuni dan piawai. Jangan harap lima tahun kedepan lembaga rakyat ini akan serius dalam membela kepentingan masyarakat, melainkan tetap kinerjanya akan sama dengan periode sebelumnya yang hanya berada di ketiak eksekutif.

“Yakin, kalau seperti ini tufoksi DPRD akan amburadul dan tetap akan ada di ketiak eksekutif,” pungkasnya.

(9)