Pramuka SMPN 2 Kota Sukabumi Wakili Jawa Barat di Jambore Nasional

Pewarta : Avenk

Koran SINAR PAGI, Kota Sukabumi,- Delapan orang Pramuka putri SMPN 2 Kota Sukabumi, terpilih untuk mewakili Provinsi jawa Barat pada Jambore Pramuka Nasional tahun 2019 di Padang, Sumatera Barat.

Seperti diungkapkan Kepala Sekolah SMPN 2 Kota Sukabumi, Dudi Jaelani, persiapan yang dilakukan oleh anak didiknya meliputi wawasan serta keterampilan kepramukaan.

Dijelaskan, Kontingen Pramuka SMPN 2 akan berkolaborasi dengan anggota Pramuka Putra yang berasal dari SMPN 14 Kota Bandung, “Mereka akan menampilkan kesenian tari khas Jawa Barat pada Jambore Pramuka nanti,” terangnya.

Ia berharap Kontingen SMPN 2 Kota Sukabumi dan SMPN 14 Kota Bandung dapat mengharumkan nama Kota Sukabumi dan Jawa Barat dalam kegiatan berskala nasional tersebut.

Sementara Pembina Pramuka SMPN 2 Kota Sukabumi, Ranti menjelaskan, untuk mengikuti Jambore Nasional, pihaknya telah mempersiapkan diri dan berlatih setiap hari dengan materi latihan yang bukan hanya mengenai Kepramukaan tetapi juga tentang kebudayaan.

Selain akan menampilkan seni tari, lankutnya, Kontingen SMPN 2 Kota Sukabumi sebagai wakil Jawa Barat juga akan mempromosikan potensi Jawa Barat, diantaranya mempromosikan tempat – tempat bersejarah yang ada di Jawa Barat.

“Kontingen akan bertolak menuju Padang pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019, besok,” katanya.

Jambore Nasional yang tahun ini akan dilaksanakan dari tanggal 25 – 31 Agustus 2019, merupakan pertemuan Pramuka Penggalang se – Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang di selenggarakan oleh Kwarnas (Kwartir Nasional) setiap 5 tahun sekali.

“Jambore ini merupakan sarana pembinaan Pramuka yang menitikberatkan kepada pengembangan diri peserta yang terdiri dari pengembangan mental, fisik, spiritual dan sosial,” tandasnya.

(13)