Perubahan Icon Kota Garut Menuai Kritik Berbagai Elemen Masyarakat

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Icon Kota Garut yang berubah menjadi Kota Dodol yang dibangun di Taman Bunderan Tarogong, dimana dibawah simbol Adipura tertulis “Selamat Datang di Kota Dodol”, terus menuai banyak sorotan, pasalnya selama ini Garut dikenal dengan sebutan Kota Intan (Indah, Tertib dan Nyaman)

“Sejak kapan Icon Kota Garut berubah jadi Kota Dodol ?”, tanya warga Kota Garut.

H Yahya Usman, Ketua Gakpedal (Lembaga Kajian dan Pengendalian Dampak Lingkungan),
Kab.Garut

Padahal selain Dodol yang merupakan salah satu produk makanan masyarakat, Garut juga terkenal dengan Domba dan Jeruk nya.

Menanggapi hal ini, Yahya Usman, Ketua Gakpedal (Lembaga Kajian dan Pengendalian Dampak Lingkungan) mengatakan, seharusnya Pemkab.Garut mensosialisasikan dan rembugan dengan tokoh masyarakat serta DPRD bila akan membuat icon baru, agar tidak membuat bingung masyarakat.

“Bisa saja dilokasi strategis lainnya dituliskan dengan ucapan “Selamat Datang di Kota Domba atau Kota Jeruk dan sebagainya, saya sih berharap Pemkab.Garut mensosialisasikannya terlebih dahulu, agar tidak membingungkan masyarakat,” ucapnya.

Dia meminta agar Pemkab.Garut segera membongkar bangunan tersebut dan menggantinya dengan icon asal yaitu Garut Kota Intan.

H.Yahya mempertanyakan dasar perubahan icon tersebut, “Tidak semudah itu, seharusnya harus tahu dulu sejarahnya. Untuk mendapatkan julukan Kota Intan dulunya susah, lalu ketika sudah dapat icon yang pas, kini diganti dengan Kota Dodol,” pungkasnya.

(31)