Peringati HUT RI, Pemkab.Garut Siapkan 74 Batang Pohon Pinang

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Terkait kemeriahan peringatan HUT RI ke 74 yang menggelar hiburan rakyat, yang salah satunya disediakannya puluhan batang Pohon Pinang berhadiah untuk diperbutkan oleh warga di 4 kecamatan antara lain, Pameungpeuk, Wanaraja, Cibatu dan Kadungora, masing – masing kecamatan mendapat jatah 18 batang Pinang, Minggu (18/08/19), Rudy Gunawan mengatakan, ini sebagai bentuk rasa syukur dan suka cita atas kemerdekaan RI.

Menurutnya, Pemkab Garut hadir ditengah warga masyarakat untuk ikut memeriahkan dengan memggelar pesta rakyat lomba Panjat Pinang.

“Kami menyediakan 74 Pohon Pinang untuk dilombakan sesuai Hari Kemerdekan ke 74, dengan peserta 220 tim dan 1.200 peserta dari beberapa desa dan kecamatan se kabupaten Garut”, kata Bupati Garut H Rudy Gunawan.

Rudy berharap, melalui peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 74 ini persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dan kerukunan serta Ukhuwah tetap terjalin dengan baik antar warga masyarakat Garut.

Sementara Camat Cibatu, Sardiman Tanjung, mengatakan di Kecamatan Cibatu dilaksanakan atas kesepakatan para kepala desa sebagai bentuk kekompakan.

“Untuk melestarikan seni budaya yang ada di Garut, Bupati merespon dan masyarakat sangat antusias,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, ribuan warga Cibatu datang berbondong – bondong ke Lapang Bangbarakan, Kertajaya, untuk turut memeriahkan lomba Panjat Pinang, dimana panitia telah menyediakan 18 batang pohon pinang berhadiah untuk diperebutkan oleh warga.

Selain Panjat Pinang, kegiatan tersebut dimeriahkan juga dengan penampilan Kreasi Seni Sunda asli Desa Kertajaya yakni Surak Ibra.

(29)