Bupati Kukuhkan 31 Anggota Paskibraka Kab.Sukabumi

Pewarta : Ajid

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,- Sebanyak 31 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) perwakilan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Sukabumi Tahun 2019 dikukuhkan di aula setda Kabupaten Sukabumi, Jum’at (16/08/19) sore.

Ke 31 anggota Paskibraka yang dikukuhkan ini siap untuk mengemban tugas dalam penaikan maupun penurunan bendera pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus nanti.

31 anggota Paskibraka tersebut dikukuhkan sekaligus penyematan lencana dan pelilitan Kendit Kecakapan kepada Lurah Latihan.

“Melihat performa, Insya Allah adik-adik Paskibra ini siap dan mampu menjalankan tugas sebagai pengibar bendera pada HUT RI ke-74 saat upacara 17 Agustus nanti,” kata Marwan Hamami.

Keyakinan Marwan memang beralasan. Pasalnya, selama 20 hari mereka digembleng pelatih dari TNI dan Polri. Pada masa sesi pelatihan, dalam diri anggota Paskibraka telah ditanamkan jiwa patriotisme, sehingga mereka memiliki jiwa besar serta bangga menjadi pemuda-pemudi yang mampu mendharmabhaktikan segala jiwa raga untuk mengisi kemerdekaan.

“Mereka adalah orang-orang terlatih dan berjiwa nasionalis, sehingga punya tanggung jawab besar sebagai patriot bangsa,” jelas Marwan.

Dari 31 orang itu, sebanyak 17 orang merupakan siswa laki-laki dan 14 perempuan. Acara pengukuhan dihadiri Wakil Bupati Adjo Sardjono, Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Haris Sukarman, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi Alex Sumarna, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

“Tidak semua pemuda-pemudi di Kabupaten Sukabumi memiliki kesempatan menjadi anggota Paskibraka. Tugas berat yang akan diemban anggota Paskibraka ini adalah pengabdian sebagai anak bangsa dan sangat mulia. Mereka merupakan tunas-tunas bangsa, harapan bangsa dan negara dengan menunjukkan sikap rela berkorban waktu dan tenaga untuk menjadi Paskibraka,” paparnya.

Marwan berpesan agar Hari Kemerdekaan dijadikan momentum lebih memperat kasih sayang, persaudaraan, persahabatan, dan kerukunan di antara sesama warga bangsa, khususnya masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Mereka (anggota Paskibra) akan menjadi pemimpin, tokoh, dan putra serta putri terbaik bangsa. Jadikan ini sebagai peluang dan kesempatan meraih mimpi,” tandasnya.

(33)