Hasyim SE Diyakini Akan Jadi Ketua DPRD Medan Gantikan Henry Jhon Hutagalung

Foto : Ketua DPC PDI-P Kota Medan, Hasyim,SE

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Pelantikan 50 Anggota DPRD Medan akan dilangsungkan tanggal 16 September melalui sidang paripurna istimewa. Pada pelantikan itu, palu Ketua DPRD akan diserahkan oleh Ketua DPRD Henry Jhon Hutagalung kepada ketua sementara yang tentunya dari Fraksi PDI Perjuangan karena menjadi pemenang pemilu 2019 di Medan.

“Secara undang-undang, pemenang pemilu otomatis menjadi pimpinan di Legaislatif, karena PDIP meraih 10 kursi dan perolehan suara terbanyak,” kata M Taqiy SE dari Forum pemerhati Anggaran Pembangunan kepada wartawan, Selasa (06/08).

Menurut dia, DPP PDI Perjuangan memiliki juklak menentukan siapa kader yang dipilih untuk mengemban tugas sebagai pemimpin di dewan. Karena untuk memimpin dewan yang berasal dari berbagai partai politik haruslah sosok yang berkualitas dan berintegritas.

“Kita ketahui, sekarang ini banyak caleg-caleg muda yang terpilih. Tentu mereka masih minim pengalaman terutama dalam membahas anggaran, tapi sistim politik kita memungkinkan orang muda ikut bertarung memperebutkan kursi legislatif. Makanya Ketua DPRD nanti harus yang pengayom, bisa merangkul yang berpengalaman dan legislator pendatang baru,” terang Taqiy.

Meski Taqiy tidak mengenal para Caleg terpilih dari PDI Perjuangan, tapi menurut dia, Ketua Umum Megawati Soekarno Putri akan memberikan kepercayaan pengurus inti partai, apakah itu ketua, sekretaris atau bendahara untuk menjabat pimpinan dewan, ketua fraksi maupun ketua komisi.

Budaya seperti itu kata dia masih berlaku di PDI Perjuangan, maka yang paling berpeluang menjadi Ketua DPRD Medan adalah Hasyim SE yang sekarang ini masih Ketua DPC PDIP Medan. Apalagi Hasyim memperoleh prestasi yang baik sejak duduk di DPRD Medan sejak tahun 2009.

“Periode pertama 2009-2014 Hasyim memperoleh suara tertinggi di partainya, periode kedua tahun 2014-2019 meraih suara tertinggi untuk semua caleg terpilih. Kemudian di pemilu 2019, Hasyim lolos untuk ketiga kalinya dengan perolehan suara tertinggi di partainya yakni 16.000 lebih. Sebagai ketua partai, Hasyim juga berhasil memenangkan PDIP dengan penambahan kursi dari 9 menjadi 10 kursi. Saya yakin, Hasyim menjadi Ketua DPRD Medan menggantikan rekan separtainya Henry Jhon Hutagalung,” tuturnya.

(9)