Bupati Dairi Launching Bus Sekolah Gratis Di Desa Lae Pinang Sidikalang

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Sidikalang,- Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu melakukan melaunching bus sekolah gratis secara resmi, di Lae Pinang, Kecamatan Sidikalang, Sabtu (03/08/19).

Tampak menghadiri acara, Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, Sebastianus Tinambunan, Asisten dan Staf Ahli Kab.Dairi, Angggota DPRD Dairi, Markus Purba, Pimpinan OPD, Camat Sidikalang, Agel Siregar dan para kepala desa, Ketua Organda Kabupaten Dairi serta tokoh masyarakat Desa Bintang.

Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya mengatakan, program Bus Sekolah Gratis telah di mulai sejak tangggal 17 Juli 2019 lalu, dimana Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perhubungan sudah melayani 1 rute yakni, Desa Lae Pinang – Sidikalang.

Diungkapkan, selama 15 hari, bus gratis melayani siswa/i dari dan pulang sekolah sebanyak kurang lebih 3.346 siswa, dengan hitungan 223 orang setiap hari.

“Ke depan pengembangan dan penyesuaiannya akan kita lakukan dengan memperhatikan kondisi lapangan dan koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, bus gratis ini untuk membantu masyarakat, disamping itu juga bertujuan untuk mengurangi pengggunaan kendaraan pribadi bagi pelajar.

“Akibat kurangnya ketersediaan transportasi umum, maka tak sedikit pelajar yang terpaksa menggunakan sepeda motor ke sekolah, walaupun belum cukup umur dan tidak memiliki SIM, sehingga mempunyai reskio yang cukup tinggi bagi anak anak,” ujarnya.

Secara mental, lanjutnya, anak – anak belum siap berkendaran di jalan raya. Maka pemerintah membuat kebijakan baru menyediakan bus angkutan gratis bagi Siswa /i dijalur tertentu di Sidikalang.

Edy Berutu mengatakan, fasilitas bus gratis diperuntukkan bagi jalur tertentu yang belum tersedia kendaraan umum, kalaupun ada jumlahnya sedikit, sehingga anak-anak sekolah menemui banyak kesulitan saat perfi dan pulang sekolah.

“Ada 4 bus yang kita sediakan dalam launching ini. Dinas Perhubungan akan terus melakukan review mencari cara yang paling efektif untuk bisa melayani,” ujar Bupati.

Pemerintah Kabupaten Dairi berkeinginan untuk bisa melayani lebih banyak anak-anak pelajar di tempat lainnya, namun karena ini masih bersifat uji coba terbatas maka Pemerintah Kabupaten Dairi akan memaksimalkan cara-cara yang efektif untuk melakukan pelayanan.

“Uji coba ini akan kita lakukan dalam waktu 2-3 bulan,” ujar bupati,

Sebelum launching Bus Sekolah Gratis, Bupati Dairi terlebih dahulu menyapa langsung para Pelajar yang sudah menunggu di dalam Bus untuk di berangkatkan.

Terlihat para pelajar cukup antusias dan semangat saat Bupati Dairi menyapa para pelajar. Kepada pelajar Bupati Dairi berpesan agar para pelajar dengan sungguh sungguh belajar untuk mengejar cita-cita dan meraih masa depan yang gemilang, himbaunya.

(24)