Tim Monitoring PKK Prop.Sumut Turun Ke Desa Binaan Kabupaten Dairi

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Sidikalang,- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny.Romy Mariani menerima kunjungan Tim Monitoring Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara ke Kabupaten Dairi di ruang rapat bupati Dairi, Jumat (02/08/19).

Rombongan Tim Monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara hadir dengan Ketua Tim Sekretaris PKK Provinsi Sumatera Utara, Maysarah Mutiara Sari Harahap bersama dengan Anggota Pokja PKK Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu dalam kesempatan itu, menyampaikan expose tentang program dan kegiatan PKK yang selaras dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mewujudkan Dairi Unggul yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.

Lebih lanjut dikatakan, aktivitras PKK dengan kepengurusan yang baru ini mulai melakukan bergai aktivitas yakni pada bulan Juni melakukan kunjungaan dan pembinaan ke 10 desa binaan yang sudah di tetapkan dengan SK Bupati Dairi No. 518/463/V/2019. Tercatat mulai dari 24 Juni – 31 Juli 2019.

Tim PKK Kabupatn sudah melakukan 19 kali kunjungan ke Desa, yaitu Desa Silalahi II, Desa Belang Malum dan Desa Pegagan Julu VII, Lae Parira, Berampu, Sitinjo, Lao Bagot, Kuta Tengah serta Linggaraja dengan 10 jenis binaan yang berbeda.

Menurut nya, target yang ingin dicapai adalah agar tim PKK Kecamatan dan Desa bersama-sama dengan tim PKK Kabupaten dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat baik di bidang pengamalan pancasila, gotong-royong, pendidikan, ketrampilan yang dapat peningkatan ekonomi keluarga di sertai kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan dilakukan dengan membuat progress matrix dimana dilihat kemajuan yang di dapat di setiap kunjungan secara lebih terukur. Kehadiran, tim monitoring Provinsi ingin memastikan bahwa kegiatan PKK di Kabupaten Dairi berjalan sesuai dengan yang diharpakan dan membuktikan langsung ke desa binaan.

Desa yang dikunjungi adalah Desa Belang Malum di Kecamatan Sidikalang sebagai Desa Binaan Hatinya PKK yakni penataan halaman yang tertib dan nyaman yang merupakan binaan bersama dengan dinas pertanian, Ketahanan Pangan dan Lingkungan Hidup.

Desa Silalahi II Kecamatan Silahisabungan sebagai Desa Tertib Administrasi PKK yaitu Desa Binaan bersama dengan Dinas PMD serta Desa Pegagan Julu VII sebagai Desa Binaan KB dan Kesehatan.

Desa binaan bersama dengan dinas kesehatan dan dinas KB. Khusus ketiga tersebut diatas tim PKK Kabupaten sudah melakukan 4 kali kunjungan dari minimal 6 kali dalam 1 tahun serta rentang kendali yaitu kunjungan tim PKK Kecamatan ke desa 6-7 kali dari minimal 9 kali kunjungan serta tim PKK desa ke dusun 9 kali kunjungan dari minimal 12 kali kunjungan.

Sementara itu, Ketua Tim Monitoring Provinsi menyampaikan kekaguman dan apresiasi yang tinggi kepada ketua Tim Penggerak PKK atas ekspose yang disampaikan dimana dalam waktu 1,5 bulan sudah melakukan banyak kegiatan dengan gerak cepat dan cerdas.

Ketua Tim PKK Propinsi Sumatera Utara Maysarah Mutiara Sari Harahap, mengaku kagum bahwa, ekspose yang luar biasa ini akan menajdi catatan tersendiri dalam penilaian provinsi, karena ketika Kabupaten Dairi dikatakan mendapat 3 kategori, seluruh Ibu-Ibu PKK Kabupaten Dairi langsung bersemangat.

“Kami berharap seluruh tim penggerak PKK Kabupaten Dairi agar bersama-sama mendukung seorang pemimpin yang ingin memajukan Kabupatennya, bekerja dengan cerdas bersama pemimpinnya. Kami harap ke depan Kabupaten Dairi akan menjadi semakin lebih baik dan dapat unggul di nasional seperti Kabupaten/Kota lainnya,” ujarnya.

Setelah selesai melakukan kunjungan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi menyampaikan masukan yang diterima dari tim monitoring, yakni dukungan dari dinas-dinas terkait masih harus di tingkatkan.

Misalnya di Desa Belang Malum untuk pemanfaatan pekarangan, halaman rumah dan lahan kosong ditanami sayuran, buah-buahan, tanaman obat-obatan, kolam ikan dan yang lainnya. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sangat di butuhkan dukungan dan bantuan bibit sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya dari hasil pekarangan maupun halaman rumah sendiri dapat memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Demikian juga dengan peran Dinas Lingkungan Hidup untuk memberikan penyuluhan pemanfaatan sampah menjadi pupuk. Beliau optimi ke depan Desa-Desa di Kabupaten Dairi akan lebih maju dan PKK siap membantu, ujarnya.

(6)