Kades Kutanagara Apresiasi Kegiatan SMI

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut- Desa Kutanagara Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut memiliki potensi di bidang bela diri pencak silat dan Kades Kutanagara, Hamzah sangat mengapresiasi dengan adanya berbagai kegiatan yang digelar Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (SMI).

“Saya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan Satria Muda Indonesia yang sudah berjalan di Yayasan Almusaadah (Yasmu),” ucapnya, Jum’at (02/08/19).

Dia melihat ada perubahan yang pisitif di Yasmu, terutama siswa/siswi peserta pelatihan pencak silat yang tampak memiliki karakter santun.

“Mereka berani dan terarah dalam berbicara, serta memiliki rasa percaya diri yang baik, hal itu terlihat saat beberapa kali saya bertemu dan bicara dengan mereka,” ucap Kades Kutanagara, Umar Hamzah.

Menurutnya, bela diri pencak silat adalah salah satu wadah pembinaan generasi muda yang pas untuk membentuk generasi yang berakter pemberani dan ksatria.

Oleh sebab itu, Kata Umar, dirinya mendukung berdirinya kepengurusan Satria Muda Indonesia di Kecamatan Malangbong, khususnya di Desa Kutanagara.

Hamzah mengaku mendapat kabar bahwa SMI merupakan Organisasi Pencak Silat yang newadahi berbagai aliran silat di Indonesia terutama di Jawa Barat.

Di Desa Kutanagara sendiri, lanjutnya, terdapat paguron pencak silat, salah satunya adalah Paguyuban Seni Pencak Silat Kutamayang.

“Saya ingin membantu mereka agar bisa berprestasi diperhelatan resmi, tapi saya belum tahu dari mana harus memulai,” imbuhnya.

Namun, kata Hamzah, setelah dirinya berkenalan dengan dik Hatta dan Kang Usep dari paguron SMI, mulai mendapatkan titik terang.

“Saya siap membantu berdirinya SMI dengan Kutamayang,” pungkasnya.

(15)