SMI Yasmu, Jadi Inisiator Kemajuan Silat Malangbong

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Pencak Silat merupakan budaya asli bangsa Indonesia yang saat ini telah mendunia dengan adanya pertandingan pertandingan.

Kecamatan Malangbong Garut merupakan wilayah dengan berbagai potensi pencak silat, namun eksistensinya jarang terlihat dikarenakan kurangnya manajemen yang terstruktur.

Ekstrakulikuler Pencak Silat Satria Muda Indonesia (SMI) di MA Al-Musa’adah Malangbong mulai menerapkan latihan silat prestasi (tanding & TGR) dengan menerapkan sistem manajemen organisasi yang terstruktur bekerjasama dengan Aparatur Desa Kutanagara Malangbong untuk menerapkan sistem latihan tersebut di tingkat kecamatan.

SMI YASMU bersama Kepala Desa Kutanagara Malangbong menyelenggarakan Musyawarah tingkat kecamatan untuk membenahi struktur organisasi dan manajemen pencak silat di Malangbong dengan dijembatani Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia, Kamis (1/8/19).

Musyawarah tersebut dihadiri oleh Camat Malangnong, Danramil Malangbong, Kapolsek Malangbong, Kepala Desa Sukarasa, Sekretaris Desa Sukaratu, BPD Kutanagara dan jajaran Perangkat Desa.

Menurut pembina pembina ekskul silat SMI YASMU Hatta Jayawardhana mengutarakan bahwa manajemen organisasi merupakan modal dasar terciptanya prestasi.

“Jika kita mau meraih prestasi di bidang pencak silat, maka kita perlu rancang dulu struktur organisasinya lalu rumuskan sistem manajemen organisasinya. Karena kualitas itu ditunjang oleh fasilitas dan kuantitas, dan untuk mendapatkan hal itu kita perlu membuat konsep dan program yang terstruktur dan sistematis” ujar Hatta.

Hasil dari musyawarah tersebut terbentuklah kepengurusan Satria Muda Indonesia unit Kecamatan Malangbong. Program utama terdekatnya adalah untuk berkorelasi dengan IPSI serta turut berpartisipasi dan berprestasi pada Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) tahun 2020 mendatang.

Terpisah Camat Malangbong, Teten, menargetkan SMI Malangbong dapat berkontribusi mengirimkan atlitnya pada PORKAB 2020 bahkan sampai PORDA.

“SMI Garut ini harus menjadi cikal bakal silat prestasi di kecamatan Malangbong. Target utama kita adalah PORKAB tahun depan, dan semoga ada atlit silat dari Malangbong yang lolos ke PORDA” ujar camat Malangbong.

Salah satu Program SMI Malangbong kedepan adalah membina paguron paguron lokal di Malangbong untuk menata organisasinya, yang selanjutnya dapat dibentuk IPSI Kecamatan Malangbong.

“Kedepannya Desa Kutanagara harus siap menjadi Desa pesilat karena jiwa jiwa pesilat itu orangnya Paham agama danpaham etika, karena yang kita perlukan bukan memerlukan jawara tetapi memerlukan orang-orang yang mempunyai karakter jawara silat,” pungkasnya.

(195)