Kades Kutanagara Ingin Pembangunan SDM Melalui Pencak Silat

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,– Pembangunan Sumber Daya Manusia sangat penting untuk terjaminnya kesejahteraan masyarakat desa maupun masyarakat luas. Seperti halnya di desa Kutanagara Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, Kepala Desa Kutanegara menginginkan pembinaan sumber daya manusia untuk mengembangkan potensi yang ada di desanya.

Uniknya, membangun desa tidak hanya dalam infrastruktur saja, melainkan pembangunan yang lebih kepada pembangunan nasional building.

Kepala Desa Kutanagara, Umar Hamzah, mengatakan pihaknya menginginkan sumber daya manusia di desa nya berkembang dengan adanya wadah yang dapat menampung potensi di masyarakat. Seperti halnya pengembangan bela diri pencak silat. Pasalnya, pencak silat merupakan filosopi dari bela diri juga bela negara.

“Masyarakat memiliki banyak potensi salah satu nya di bidang pencak silat, dan kami ingin mengembangkannya dengan bekerja sama dengan Satria Muda Indonesi (SMI),” Ucapnya, Kamis (01/08/19).

Menurutnya, Sumberdaya manusia di desanya ingin sumberdaya manusia nya yang tangguh dan kesatria karena ada potensi di bidang pencak silat. Karena pencaksilat merupakan suatu budaya bangsa yang harus didukung oleh regulasi yang bila perlu ada regulasi khusus di tingkat desa.

“Disini juga ada perguruan pencak silat Getra Kutra Jaya dengan SMI dan kita adalah mitra, sehingga nantinya memberikan petunjuk kepada mereka untuk mendapat asosiasi Bagaimana memberikan pelatihan dari sisi seninya, sehingga dapat mengikuti beberapa event,” ucapnya.

Dikatakannya, Ketika ada potensi di desa itu harus dikembangkan sehingga dapat mengikuti porkab. karena sumber dayanya manusia di desa terbatas karena orang yang berpendidikan tinggi biasanya bekerja menjadi instansi di kota dan jarang di desa.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90