Bupati Dairi Hadiri Acara Kunjungan Presiden Jokowi ke The Kaldera

Pewarta : Amsar Marbun

Koran SINAR PAGI, Sidikalang,- Bupati Dairi, Dr.Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny.Romy Mariani, menghadiri kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke The Kaldera Naomadic Escape Toba Samosir, Selasa (30/07/19).

Kepada para awak media, Presiden mengatakan, lokasi wisata yang berada di lahan seluas 386 Ha ini akan selesaikan dan beroperasi secepatnya karena sudah dipegang Badan Otorita danau Toba.

Di lokasi ini nantinya, kata Preiden, akan berdiri bangunan hotel bintang 4 dan bintang 5, tempat pertemuan, resort untuk para pengunjung wisata dan padang golf.

Presiden Jokowi berharap dampak dari pembangunan tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang berada di Kawasan Danau Toba, seperti hasil produk dari daerah misalnya sayuran akan masuk ke dalam hotel dan lapangan kerja yang akan semakin terbuka luas bagi masyarakat yang berada di kawasan tersebut.

Setelah nanti pembangunannya selesai, lanjut presiden, akan dilakukan pembangunan di lokasi wisata lainnya, misal, daerah Humbang Hasundutan yang memiliki lahan seluas 533 hektar.

“Sekarang ini sistem kerjanya harus bersamaan, terintegrasi antara Pusat, Provinsi dan Daerah, yang pasti secepatnya akan kita kerjakan,” pungkasnya.

Mengutip siaran Pers Kementerian Pariwisata, The Kaldera Naomadic Escape Toba Samosir merupakan sebuah proyek rintisan wisata nomadik yang diharapkan menjadi barometer pengembangan Nomadic Torism di kawasan regional.

Fasilitas yang ada di The Kaldera sendiri adalah Amenitas berupa 15 bell tent, dua cabin, dua tenda bubble, area parkir unntuk campervan atau caravan. Fasilitas lainnya adalah Kaldera Ampitheatre denga kapasitas 250 orang, Kaldera Plaza, Kaldera Stage hingga Kaldera Hill.

(23)