Tidak Transparan, Pembangunan Jalan Cidura Desa Tenjolaya, Tanpa Papan Informasi Proyek

Pewarta : Kurniawan Trianto
Koran SINAR PAGI, Kab.Bandung,- Pembangunan Jalan Rabat beton di Kampung Cidura dan Kampung sukarasaendah Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung yang kini sedang dalam tahap pelaksanaan, menjadi sorotan awak media LSM dan masyarakat setempat, alasannya pekerjaan Rabat beton tersebut tanpa di sertai papan proyek atau papan informasi,

DS (nama samaran) salah satu Tokoh masyarakat (Tokmas) yang ada di kampung sukarasa Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu. kepada Tim liputan Koran SINAR PAGI, Selasa (23/07/19) mengatakan, beberapa pembangunan yang di sorot, Masyarakat di Desa Tenjolaya, yaitu jalan Desa di kampung Cidura dan jalan Sukarasa, seharusnya.

”Sesuai aturan, saat dimulai pekerjaan harus dipasang papan proyek atau papan informasi agar publik mengetahui jumlah anggaran dan ikut mengawasi sesuai peraturana undang undang Keterbukaan Infornasi Publik, (KIP) No 14 Tahun 2008.

Plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Keterbukaan dan transparansi di mulai sejak di rekomendasi pekerjaan sesuai aturan, dan di pasang di badan jalan, dan yang paling terpenting dari mana anggaran tersebut yang di bangunkan APBD/APBN atau dari Dana Desa (DD)

Kewajiban memasang plang papan proyek tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 54 tahun 2010 dan Perpres nomor 70 tahun 2012 regulasi ini mengatur setiap pekerjaan fisik / non fisik yang di biayai APBN, APBDes wajib memasang papan nama proyek.

Papan nama tersebut di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi kegiatan, waktu dan lama pekerjaan yang di laksanakan serta nilai besar Anggaran. Namun dengan tidak terpasangnya papan informasi tersebut bukan hanya bertentangan dengan Perpres, tetapi tidak sesuai pula dengan semangat transparansi yang di tuangkan di dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi.

Saat ini, pembangunan jalan Rabat beton Kampung Cidura dan Kampung Sukarasa sedang dalam tahap pelaksanaan akan tetapi terkait dalam teknis pengerjaan, Tim pelaksana (TPK) mengabaikan transparansi anggaran dengan tidak memasang papan proyek atau papan informasi.

Pantauan ormas dan masyarakat, seharusnya pengguna anggaran berintegritas dan punya tanggung jawab moral, dapat menjelaskan anggaran agar setiap pekerjaan dapat di ketahui masyarakat, Ucap nya

Masih kata DS bahan material yang di guanakan pun diduga tidak sesuai dengan spesifikasi umumnya, seperti pasir yang di gunakan ,menggunakan pasir pasang ,yang seharusnya pasir beton, yang jadi heran di benak saya dari kedua paket pekerjaan ini kami tidak menemukan papan proyek, kami menduga papan proyek tidak ada ?apakah dalam pekerjaan kedua Paket pekerjaan ini tidak menggunakan papan Proyek, di duga Pj kades Tenjolaya tidak ada itikad baik dalam penggunaan anggaran desa atau tidak transparan dalam anggaran, tegas DS

(42)