Dua Ormas Geruduk Kantor Sekertariat Daerah Kabupaten Sukabumi

Pewarta: Ayi Suherman

Koran SINAR PAGI, Kab.Sukabumi,– Dua ormas yang tergabung dalam Aliansi Sukabumi Bersatu terdiri dari Laskar Merah Putih (LMP) dan Pemantau Kebijakan Publik (PKP), Senin (22/07/19) melakukan aksi demo didepan Kantor Sekertariat Daerah Kabupaten Sukabumi di jalan Siliwangi No.10, Palabuhanratu, Kab.Sukabumi.

Sebelumnya kelompok massa ini berkumpul di Venue Tinju Pwlabuhanratu kemudian melakukan long march menuju kantor Sekertariat Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Penjagaan ketat dari aparat Kepolisian, Satpol-PP dibantu pihak TNI mengamankan area dimana peserta aksi berorasi, sehingga aksi berjalan lancar dan damai tanpa terjadi anarkis.

Setelah berorasi, 10 (sepuluh) orang perwakilan dipersilahkan memasuki kantor untuk melakukan mediasi dan menyampaikan aspirasinya ke pejabat pemerintah yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol kabupaten Sukabumi.

Ada 4 (empat) tuntutan yang disampaikan pengunjuk rasa dalam program Pemkab.Sukabumi untuk segera dibenahi, 3 (tiga) diantaranya menyangkut dinas dan satu lainnya megenai perusahaan daerah yang dikelola pemerintah.

Saat ditemui Sekjen LMP Kab.Sukabumi, Yudi Mahyudi mengatakan, “Sebagai kontrol sosial, kmi datang kesini untuk menyampaikan aspirasi masyarakat agar pemerintah membenahi kinerjanya,” ucap Yudi kepada awak media.

Menurutnya, ada kinerja 3 (tiga) dinas yang disoroti yakni, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Disperkimsih, yang dianggap tidak berpihak kepada masyarakat.

“Kami betul-betul membutuhkan kepedulian pihak pemerintah daerah kepada masyarakat untuk lebih mengutamakan kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Selain tiga dinas tersebut, kinerja Perusahaan Air Minum Daerah (perumda) tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) juga mendapat sorotan pengunjuk rasa.

“Dengan datangnya kami kesini, kami berharap pemerintah bisa lebih memperhatikan kepentingan masyarakatnya, kerena ini menyangkut hak orang banyak, jangan asal-asalan dalam bekerja,” tandasnya.

Sementara Kepala Kesbangpol, Kab.Sukabumi, Dodi Rukman Meidianto menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menerima apa yang diusulkan dan menjadi temuan para pengunjuk rasa.

“Tentu ini akan saya sampaikan dan ditindaklanjuti kepada dinas-dinas yang bersangkutan untuk dibahas sesuai tugas fungsi kerja dinasnya,” ucap Dodi.

(72)