Pohon Tumbang Di Kota Medan, Kinerja Kepala DKP Kota Medan Dipertanyakan

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Peristiwa tumbangnya pohon Mahoni yang berukuran besar di Jalan Sudirman (dekat gereja HKBP-red), Jumat (19/7/2019) saat hujan deras bercampur angin kencang kembali memakan korban jiwa.

Korban tertimpah pohon tersebut adalah seorang laki-laki bernama Ilham Maulana (21), warga Jalan KL Yos Sudarso Lingkungan VII, Kelurahab Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan.

Menurut infornasi yang diterima dari berbagai saksi mata, korban tertimpah pohon tersebut saat ini masih berada di ruang ICU, karena harus mendapat penanganan intensif, sebab masih tak sadarkan diri setelah tertimpa pohon tumbang tersebut.

Kejadian pohon tumbang ini bukan hal baru terjadi di Kota Medan dan sebelumnya juga pernah terjadi pohon tumbang menimpa sebuah mobil minibus kijang dan menewaskan pengendara mobil yang terjadi di Jalan Sudirman Medan beberapa tahun yang lalu, dan saat itu kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan adalah Zulkifli Sitepu.

Sebelumnya, pada tahun 2017 di Jalan Balai Kota tepat didepan Kantor Pos Indonesia, sebuah pohon tua besar jenis Trembesi yang sudah berusia ratusan tahun juga pernah tumbang dan menimapah kenderaan yang sedang melintas, namun tidak memakan korban jiwa.

Terkait masalah ini, Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution, saat diminta taanggapan mengenai korban tertimpah pohon yang saat ini sudah ditangani oleh pihak Rumah Sakit Elizabert, Akhyar hanya memberikan jawaban singkat, Sabtu (20/7/2019) di Kota Meda.

“Ya saat ini korban sudah dirawat di Rumah Sakit dan kita sudah koordinasi agar korban diberikan pertolongan semaksimal mungkin,” terang Akhyar di saat menghadiri acara partai PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara di Hotel Santika, Medan.

Saat disinggung peranan Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan yang secara tupoksinya adalah bertanggungjawab terhadap pemeliharaan dan perawatan pohon di kota Medan, Akhyar Nasution tidak merespon sambil mengatakan kepada wartawan agar jangan dulu membahas masalah tersebut karena dirinya (Akhyar-red) sedang fokus pada acara Konfrensi Daerah V DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara yang diadakan di Santika Premiere Dyandra Hotel, Kota Medan

“Nanti saja dibahas itu, ini lagi ada kegiatan partai ya bang,” sebutnya singkat.

Sebelum terjadinya pohon tumbang dibeberapa tempat, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Medan, Drs.Wong Chun Sen,M.Pd sempat meminta Pemko Medan melalui Dinas Pertamanan untuk memperhatikan pohon-pohon yang memiliki batang besar dan dahan rindang yang dianggap dapat membahayakan pengendara jalan maupun orang yang melintas disekitaran pohon itu saat terjadi hujan disertai angin.

“Sebelumnya sudah dihimbau, kepada Dinas Pertamanan Kota Medan agar memperhatikan pohon-pohon yang rawan tumbang sewaktu-waktu,” jawab Wong selaku Politisi dari Fraksi Partai PDI Perjuangan DPRD kota Medan ini, Sabtu (20/7/2019).

(4)