Andi Lumban Gaol Kecewa LKPj Tidak Dibahas

“Di DPRD Itu Tidak Hanya Banmus, Kenapa Sepakat Melakukan yang Salah ?”

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Ketua Fraksi Persatuan Nasional Andi Lumban Gaol menyesalkan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Medan memutuskan untuk tidak membahas laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPj) Wali Kota Medan tahun anggaran 2018. Karena menurut dia, berdasarkan UU, LKPj harus dibahas terlebih dahulu sebelum membahas laporan pertanggungjawaban (LPj) Wali Kota.

Menurut dia, kejadian ini adalah sesuatu yang janggal dan tidak pernah terjadi selama DPRD Medan ini ada. Karena, di DPRD mana saja, LKPj itu harus dibahas, sebelum ke tahapan pembahasan LPj. Karena itu saling berkaitan, LKPj tentang kegiatan, sedangkan LPj mengenai hitungan berapa anggaran yang digunakan, berapa realisasi dan berapa SiLpa.

“DPRD Medan ini kan tidak hanya Banmus, jadi jangan seenaknya memutuskan untuk tidak membahas LKPj. Karena itu adalah perintah undang-undang. Jangan kita sepakat untuk melakukan yang salah. Sudah tahu perbuatan itu salah, tapi kita sepakat melakukannya, ada kepentingan apa mereka tidak membahas LKPj,” kata Andi Lumban Gaol kepada wartawan, Senin (01/07/19).

Politsi PKPI ini juga menyesalkan anggotanya di Fraksi Pernas, Beston Sinaga yang duduk di banmus juga setuju LKPj tidak dibahas. Padahal Andi berpesan kepada Beston agar menolak tidak membahas LKPj. Tapi pesan tersebut tidak dilaksanakan Beston.

“Saya kecewa, ketika saya hubungi ponselnya sudah tidak aktif lagi,” ucap Andi kesal.

Andi menjelaskan, dewan dan pemko pernah sepakat, sebelum membahas LPj, terlebih dahulu membahas LKPj. Kalaupun tidak sempat yang diakibatkan sesuatu hal, pemko harus berkordinasi dengan Pemrov Sumut bagaimana solusinya.

(3)