Memasuki Musim Giling, PTPN 7 Cinta Manis Targetkan Produksi 53.984 Ton Gula

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Tim

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Dari rencana giling tebu PTPN 7 Cinta Manis tahun 2019 sebanyak 732.050 ton diharapkan mampu menghasilkan rendemen 7,34 persen atau menghasilkan 53.984 ton Gula Kristal Putih (GKP) I.

Hal ini dikatakan Asisten Umum PTPN 7 Cinta Manis, Domu Junifer Simanungkalit kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (17/6/19).

Asisten Umum PTPN 7 Cinta Manis, Domu Junifer Simanungkalit

Dikatakan Domu, kondisi batang tebu yang siap panen adalah tebu kering, karena tebu yang banyak mengandung air tidak bisa menjadi gula.

Sementara kapasitas giling 5.500 Ton Cane Day (TCD). Menurutnya, keberhasilan produksi gula, sangat tergantung dari pemeriharaan tebu.

“Dengan pemeliharaan yang maksimal akan menghasilkan tebu berkualitas baik dan tentu saja imbasnya akan menghasilkan produksi gula yang baik juga,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, pelepah yang tidak di bakar atau sersah pelepah yang layu, bisa dimanfaatkan untuk dijadikan pupuk alami.

Diungkapkan, usia tanam tebu mencapai 4 (empat) tahun, pada tahun pertama bisa panen dengan hasil pertama yang sering disebut PC, tahun kedua bisa dipanen lagi (ratun I), tahun ketiga dipanen (ratun II) dan tahun keempat kembali dipanen dengan kata lain disebut ratun III.

Tebu yang digiling kemudian diolah menjadi gula merupakan tebu yang ditanam di lima rayon, rayon 1 dan 2 (Burai), rayon 3 dan 4 lokasinya di Cinta Manis dan rayon 5 yang berlokasi di Betung yang menghasilkan Gula Kristal Putih (GKP).

Saat disinggung masalah pemasaran, Domu Junifer Simanungkalit memyebutkan, setelah tebu diproduksi menjadi gula, dari pabrik di Cinta Manis Ogan Ilir dikirim ke kantor pusat di Lampung setelah itu di laporkan di Kantor Pemasaran Bersama (KPB) di Jakarta, barulah nantinya diteruskan ke bulog.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90