Perbaikan Jalan Desa Jantur Dan Brau Menunggu (PAK)

Keterangan Photo : Kabid PUPR. Alfi Nurhidayat

Pewarta : HI

Koran SINAR PAGI, Batu,- Banyaknya jalan rusak di wilayah kota Batu, Dinas PUPR Binamarga, melakukan turun di beberapa titik jalan milik pemkot Batu maupun jalan penghubung antar desa yang menjadi salah satu urat nadi laju-nya perekonomian mulai desa hingga sampai ke kota yang sudah dimaknai oleh walikota Batu De-wanti Rumpoko, dengan Desa Berdaya Kota Berjaya.

Makna tersebut sangat banyak mengandung arti bahasa yang di lakukan pemkot Batu dalam mem-bangun sebuah kota hingga sam-pai desa yang memadahi, mengi-ngat kota Batu menyandang kota Pariwisata harus benar-benar siap dari berbagai hal.

Terutama seperti fasilitas jalan ha-rus betul-betul sesuai dengan per-kembangan kota wisata dewa-sa ini, karena Kota Batu dengan kul-tur penggunangan secara otoma-tis, tidak bisa menghindar ba-nyak jalan yang menanjak maupun cu-ram yang tajam.

Hal ini sebuah tantangan maupun PR pemkot Batu, bagaimana me-ngantisipasi kerusakan jalan, pe-rawatan jalan, juga sistim pemba-ngunanya harus benar-benar ber-kualitas dan kuat, baik segi kuali-tas aspalnya maupun cor betonya, didukung pula dengan drainase yang normal.

Karena kelas jalan dikota wisata Batu ini,menurut Kabid Dinas PU-PR Alfi Nurhidayat, Sabtu (15/06) mengatakan, seringnya jalan uta-ma kota maupun jalan penghu-bung antar desa mengalami keru-sakan skala kecil maupun besar, disebabkan banyak faktor, seperti kurang adanya drainase yang se-suai, kultur tanahnya, dan ba-nyaknya bukit maupun tebing yang sering longsor.

Hal tersebut seperti terjadi kerusa-kan jalan yang cukup berat masuk wilayah perbatasan dusun Brau dan dusun Jantur Desa Gunung-sari Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Ada sepanjang 10 meter rusak pa-rah hingga batu dasar jalan lepas berantakan dari jalan utama. Hal tersebut sangat mengganggu dan membahayakan masyarakat ke-dua desa itu.

Berdasarkan pantauan KORAN SINAR PAGI dilokasi dan disam-paikan pada Kabid PUPR Bina-marga, Alfi Nurhidayat, kerusakan jalan itu akan diperbaiki setelah pengajuan (PAK) perubahan ang-garan keuangan 2019, dengan pos anggaran sebesar kurang lebih Rp.200 juta”jelas Alfi.

Perbaikan itu sifatnya sekala pri-oritas, karena Jalan tersebut me-rupakan jalur utama kedua desa yang sebagai urat nadi perekono-mian masyarakat kedua desa se-tiap harinya. Karena di dua desa tersebut masyarakatnya sebagai produksi susu sapi cukup lumayan besar setiap harinya.

Foto: Kabib PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat

(6)