RSUD Linggajati Kuningan Kini Menjadi Rumah Sakit Kelas C

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : Maman SK

Koran SINAR PAGI, Kuningan, ,– Dalam kurun waktu tujuh tahun yang boleh dibilang uasia bayi, bagi RSUD Linggajati Kuningan kini telah mampu menangani berbagai keluhan pasien, karena RSUD Linggajati ini telah dilengkapi dengan berbagai pasilitas askes dengan para ahli medisnya.

Saat ini RSUD Linggajati memiliki 140 Tempat Tidur (TT) di ruang rawat inap, diantaranya. Mulai dari TT kelas 1, kelas 2 dan kelas 3, serta 4 TT untuk ICU, pelayanan dokter spesialis berupa 4 spesialis besar antara lain, spesialis anak, spesialis bedah, penyakit dalam  dan kebidanan kandungan, juga spesialis lainnya seperti syaraf, spesialis paru paru, dan dua spesialis penunjang yakni Radiologi dan Patologi klinik.

jumlah tenaga kerja yang kami miliki sampai saat ini sebanyak 388 orang, 72 orang diantaranya PNS serta 316 orang non PNS atau THL/THLTP,” jelas Ketua Panitia HUT ke 7 RSUD Linggajati Kabupaten Kuningan Ero Juhara, SAP, S.Kep,. MM

Saat mendampingi Direktur RSUD Linggajati dr H. Zaenal Arifin, M. H,. Kes, lebih jauh Ero Juhara kepada Sinar Pagi di sela pembukaannya oleh Sekda Kuningan DR. Dian Rahcmat Yanuar  M.Si Sabtu (27/4/19) menjelaskan, sebelumnya RSUD Linggajati yang berlokasi di Jalan Raya Bandorasa, Kecamatn Cilimus, Kabupaten Kuningan itu berdiri tahun 2012 berdasarkan SK bupati, pada awal pendiriannya  merupakan Rumah Sakik khusus ibu dan anak. Pada saat itu hanya melayani kegawatdaruratan  khususnya kegawat daruratan ibu dan anak serta klinik rawat jalan, namun karena kebutuhan jumlah tempat tidur untuk pasien-pasien umum pada saat itu masih minim fasilitas.

Dengan berbagai upaya kami maka satu tahun kemudian, ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Umum  Daerah dengan jumlah Ttsebanyak 60 Bed. Berdasarkan SK Menkes ditetapkanlah RSUD Linggajati sebagai rumah Sakit kelas C, paparnya.

Kegiatan dalam rangkaian merayakan HUT ke 7 nya tersebut RSUD Linggajati mengelar, santunan kepada anak yatim yang disponsori oleh grup Rujik (Komunitas Motor Pegawai RSUD Linggajati, bakti sosial operasi gratis celah bibir dan langit-langit bekerjasama dengan yayasan pembina celah bibir  dan langit-langit (YPPCBL) Bandung demngan jumlah peserta sebanyak 20 orang, khitanan masal yang di dukung oleh IID dan karyawan RSUD Linggajati sebanyak 28 anak khitan, serta senam germas dan zumba yang di dukung oleh TP PKK Kaupaten Kuningan.

Orientasi HUT ke 7 RSUD Linggajati ini lebih kepada memberika informasi dan pengetahuan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dan sekitarnya, dengan tema “Optimalisasi pelayanan RSUD Linggajati Kuningan menndukung Kabupaten Kuninganmaju berbasis desa”

Marilah kita jabarkan dan implementasikan program-program unggulan bupati periode 2018-2023 diantaranya peningkatan layanan kesehatan, kesehatan khususnya bagi ibu dan anak, usia lanjut, dan penyandang disabitlitas serta tersedianya ambulance gratis. Maka ada beberapa pelayanan/kegiatan yang telah dan akan kami lakukan, ajak Derktur RSUD Linggajati dr H. Zaenal Arifin, M. H,.Kes,. yang kemudian mnjelaskan pelayannya.

Pelayanan klinik geriatik, untuk melayani pasien usia lanjut secara konprehensip  dan terpadu. Merencanakan, menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana bagi pasien disabilitas. Berupaya untuk menadi Rumah Sakit Sayang Ibu dan Anak (RS-SIBA), menganggarkan untuk penyediaan dan penyelenggaraan Ambulance gratis terutama bagi pasien miskin dan kurang mampu.

Kepada Pemda dan seluruh stakeholder serta seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan, lanjut direktur RSUD Linggajati dr H. Zaenal Arifin, kami mohon dukunganya agar RSUD Linggajati dimasa yang akan datang menjadi RSUD kebanggaan mayarakat Kabupaten Kuningan serta mampu memberi pelayanan optimal, harap dr H. Zaenal.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90