Tak Bisa Sembarangan!! Rubah Kendaraan Dinas Plat Merah Jadi Plat Hitam

  • Whatsapp
banner 768x98

Foto Ilustrasi

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Merubah plat nomor mobil dinas dari merah menjadi hitam harus sesuai peraturan, tak bisa sekehendak hati yang menggunakan kendaraan dinas tersebut.

Pasalnya tak semua tingkat jabatan bisa merubah plat merah menjadi hitam, ada aturan yang harus diikuti.

Seperti diungkapkan Plt.Kabag PBD (Pengelolaan Barang Daerah), Wahyu, “Perubahan itu ada aturanya, harus sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2012”, ujar nya kepada koransinarpagijuara.com, diruang kerjanya, Selasa (09/04/19).

Wahyu, Plt.Kabag PBD (Pengelolaan Barang Daerah), Kab.Sumedang

Dikatakan Wahyu lagi, sesuai aturan itu maka untuk tingkat Kabupaten atau Kota, ada tingkatannya.

“Sesuai Peraturan Kapolri itu, perubahan itu hanya kepala dinas, kepala badan, para asisten daerah, sekretaris daerah, Bupati dan Wakil Bupati, dan untuk lingkungan DPRD Kabupaten/kota, diataranya, Ketua DPRD, para Wakil Ketua, Para Ketua Komisi atau Farksi”, ujarnya.

Dan diperaturan itu juga dikatakan, perubahan warna itu dapat diberikan pada waktu situasi tertentu atau situasional, ungkap Wahyu.

“Setelah mendapat persetujuan dari pihak Polri, maka selain plat nya menjadi hitam, juga belakang nya manjadi PN, untuk Kabupaten Sumedang bukan A lagi”, jelas Wahyu.

“Jadi jika kendaraan dinas dilingkungan Kabupaten Sumedang berplat nomor depannya Z dan belakang nya A, itu harus merah, jika warnanya hitam jelas itu salah, karena tak sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian RI nomor 3 tahun 2012”, tandasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90