Harry Ara Siap Memberikan Bantuan Hukum Gratis Untuk Warga Tanah Sareal

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : RS

Koran SINAR PAGI, Kota Bogor,- Harry Ara.,SH,MH siap memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat yang berada di Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, hal ini disampaikan pria yang akrab dipanggil Kang Ara ini kepada warga Kecamatan Tanah Sareal disalah satu tempat di Jalan A.Yani Kecamatan Tanah Sareal, Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor, Sabtu (17/03/19).

“Yang dimaksud dengan gratis, klien tidak dibebani pembayaran honorarium bagi pekerja bantuan hukum”, terang Kang Ara kepada wartawan.

Tim Advokasi Ormas Barisan Benteng Raya Padjajaran (BBRP) ini menjelaskan, bantuan hukum gratis diberikan pada masyarakat yang menjadi korban ketidakadilan atau ketika terbelit masalah hukum, khususnya di wilayah Kecamatan Tanah Sareal.

Caleg DPRD Kota Bogor Dapil Tanah Sareal dari Partai Gerindra ini menambahkan, permasalahan yang diajukan klien harus mempunyai dasar hukum.

“Diutamakan menyangkut kepentingan golongan miskin dan mengandung dimensi pelanggaran hak asasi manusia yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat banyak atau berdampak luas terhadap nilai-nilai keadilan”, lanjutnya.

Ditambahkan Kang Ara, contoh yang sekarang yang sering terjadi di masyarakat adalah Program Pendaftaran Sismatik Lengkap (PTSL).

“Sudah jelas aturannya hanya boleh dipungut biayanya Rp.150 ribu, tapi masih ada saja oknum oknum yang meminta kepada masyarakat melebihi dari aturan”, tegasnya.

Menurutnya, merujuk kepada ketetapan pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tetap dikenakan biaya sebesar Rp.150 ribu. Dan itupun masih ditambah biaya lagi sesuai kebijakan pemerintah daerah dalam tanda kutip sebagai operasional yang nilainya tidak lebih dari Rp.150 ribu.

Seperti yang dijelaskan dalam SKB Tiga Menteri Nomor: 25/SKB/V/2017, Nomor: 590-3167A Tahun 2017, Nomor: 34 Tahun 2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis. Adapun biaya Rp.150 ribu per bidang yang dimaksudkan untuk pembelian patok 3 buah, materai 1 lembar dan adminitrasi serta transportasi aparat desa.

“Ada biaya yang dikenakan pada PTSL setiap bidangnya dan itu sudah di sosialisasikan BPN melalui Kecamatan dan Kelurahan ke masyarakat selaku pemohon sehingga jangan sampai gagal paham”, ungkapnya.

Selain itu kata Kang Ara, mengacu pada SKB Tiga Menteri, Peraturan Walikota Bogor nomor 64 tahun 2017, untuk biaya pengurusan PTSL adalah sebesar maksimal Rp.150.000.

Sementara Ketua RT 01 RW 02 Kel Tanah Sereal, Edy Sutrisno mengatakan, di wilayahnya hanya ada empat (4) orang yang ikut dalam program ini.

“Di RT saya cuma ada 4 orang yang 4 masing – masing hanya mempunyai 1 bidang tanah, sementara warga yang lainnya sudah pada punya sertifikat”, paparnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90