Bawaslu Ciamis Sosialiasikan Pemilu Kepada ASN dan Kepala Desa/Kelurahan

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Dalam rangka penguatan pemahaman tentang pengawasan Pemilu, Bawaslu Kabupaten Ciamis menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu parsitipatif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa/Kelurahan, BPD dan Anggota PPDI, se Kabupaten Ciamis, Jum’at (23/11/18) di Hotel Tyara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan yang diwawancari awak media ditempat terpisah mengatakan, “Hari ini kami mengundang ASN dan para kepala desa/kelurahan perwakilan dari 27 kecamatan beserta Apdesi, organisasi yang menaungi para Kepala Desa dan perangkatnya, PPDI perwakilan kecamatan itu sudah memenuhi keterwakilan,” ujarnya.

Diungkapkan, tujuan diselenggarakannya sosialisasi bagi para ASN lebih memahami posisinya dalam Pemilihan dimana sesuai Undang – Undang nomor 7 Tahun 2017, ASN harus netral, sehingga setelah sosialisasi ini tidak ada lagi pelanggaran dengan alasan tidak tahu peraturannya.

“Bagi ASN, Kepala Desa dan perangkatnya yang mengikuti kampanye adalah sebuah pelanggaran yang dapat dijerat Undang – Undang pasal 494 tahun 2017, kami tidak main – main untuk menerapkan aturan tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, sosialisasi ini akan ditindaklanjuti hingga ke tingkat Panwaslu kecamatan yang akan diselenggarakan secara serentak di 27 kecamatan, pada tanggal 27 dan 28 Nopember 2018 mendatang.

Lanjut Uce, ada tiga kewenangan yang dimiliki Bawaslu pada proses Pemilu yaitu, kewenangan pengawasan, penindakaan dan kewenangan ajudikasi yaitu lembaga pemutus persoalan.

“Bagi para calon yang merasa dirugikan oleh pihak penyelenggara Pemilu, diminta untuk tidak sungkan menginformasikannya ke Bawaslu, karena itu menjadi ranah kewenangan kami yang dimandatkan Undang – Undang Nomor 7 tahun 2017,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90