Jumlah Peristiwa Kebakaran di Kabupaten Garut Meningkat

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kab.Garut,- Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Garut menjadi salah satu faktor penyebab meningkatnya peristiwa kebakaran disejumlah tempat di Kabupaten Garut, tahun ini, tercatat ada 152 kasus kebakaran yang terjadi dari bulan Januari sampai bulan Oktober 2018.

“Tahun ini ada 152 kasus kebakaran, jumlah ini meningkat dari tahun kemarin yang 97 kasus,” ucap Kepala Seksi Analis dan Evaluasi, Masyulia Sunaryo Ningsih di Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut, Rabu (17/10/18).

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran baik lahan ataupun bangunan di Kabupaten Garut, disebabkan oleh berbagai faktor, bisa disebabkan oleh warga yang membuang kuntung rokok sembarangan lalu terkena benda yang mudah terbakar, kemudian dari pembakaran sampah dan dedaunan kering dan lain sebagainya.

“Untuk antisipasi air kita ada water supply dan di mobil Damkar telah disediakan air yang sumbernya diambil di Cipanas, dan kalau habis kami mencari sumber air yang terdekat,” tandasnya.

Menurutnya, untuk sekarang kebanyakan sering terjadi kebakaran lahan juga kebakaran kandang seperti kandang ayam dan kandang sapi.

“Sering ada kendala ketika petugas damkar akan melakukan pemadaman seperti tempat yang akses jalannya sulit dilalui dan jalanan macet juga merupakan salah satu kendala,” ujarnya.

Dirinya menghimbau masyarakat untuk dapat berhati – hati dengan sesuatu hal yang dapat menyebabkan kebakaran.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90