Pancasila, Jauhkan Generasi Mudah Dari Faham Radikalisme

  • Whatsapp
banner 768x98

Pewarta: Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI Ogan Ilir,- Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018 digelar Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Senin (01/10/18) berlangsung hikmat yang diikuti oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan TNI, POLRI, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab OI, di halaman Gedung serbaguna Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai dengan Tema “Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa” dan langsung dipimpin oleh Bupati OI HM Ilyas Panji Alam sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya Bupati OI H M Ilyas Panji Alam mengatakan, diterimanya Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar Negara Indonesia membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai Pancasila wajib dijadikan landasan pokok untuk pengaturan serta penyelenggaraan Negara.

Pancasila sebagai Dasar Negara, kata Bupati OI adalah kepribadian dan pandangan hidup bangsa yang telah diuji kebenaran, kemampuan dan kesaktiannya, untuk itu nilai-nilai harus ditularkan kepada setiap generasi dan seluruh anak bangsa harus bekerja bersama-sama dalam hal memerangi faham radikalisme.

“Sehingga tidak ada satu kekuatan manapun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia,”ujarnya dihadapan ratusan peserta upacara

Ditengah perbedaan yang ada, lanjut bupati, bangsa Indonesia patut bersyukur karena Pancasila sebagai pedoman dasar Negara sekaligus menjadi dasar dalam berpikir dan berperilaku.

Bupati juga mengingatkan bahwa dengan mengimplementasikan setiap sila dalam Pancasila maka sejatinya kita telah mampu menjadi manusia yang utuh sesuai dengan dengan kodrat kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pesannya, adalah “sebagai upaya untuk melestarikan dan mengimplementasikan Pancasila sebagai sumber nilai yang teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90