Car Free Day Diwarnai dengan Deklarasi Eco Camp

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Pelaksanaan Car Free Day, Minggu (30/09) pagi di kawasan Lapangan Merdeka kali ini menjadi sangat istimewa karena selain diisi dengan senam jantung sehat yang digalakkan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama Sumut yang dipimpin Hj.Rita Maharani juga diramaikan dengan Deklarasi Eco Camp Yayasan Seri Amal.

Wakil Wali Kota Medan, H Akhyar Nasution yang hadir di tengah-tengah ribuan anggota dan siswa Yayasan Seri Amal menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang mencerminkan kepedulian dan kecintaan lingkungan ini.

Dia mengatakan, kebersihan adalah kebutuhan bersama, karena itu pula menjadi tanggung jawab bersama, “Sampah adalah tanggung jawab pribadi, bukan urusan orang lain. Kesadaran ini harus tertanam dalam diri kita,” ucapnya.

Disamping itu, lanjut Wakil Wali Kota, harus pula disadari bahwa parit dan sungai bukanlah tempat pembuangan sampah. Sampah itu menyumbat aliran air, sehingga tumpah dan menggenang ke jalan.

Dalam kesempatan itu, Akhyar memuji upaya Yayasan Seri Amal yang menerapkan kebiasaan tidak memproduksi sampah di sekolah binaannya. Ini artinya tidak ada lagi tong sampah di sekolah tersebut.

Menurut Wakil Wali Kota, usaha menciptakan kebiasaan siswa tidak menghasilkan sampah merupakan perwujudan penanganan sampah, “Ada program 4 R dalam penanganan sampah, yakni yakni Reduce, Reuse, Recycle, Repair. Kurangi, Pakai Ulang, Daur Ulang, dan Perbaiki. Nah, yang kalian siswa-siswa lakukan adalah Reduce, mengurangi sampah,” ucapnya.

Sejak pukul 06.00 WIB, warga Medan telah berdatangan ke kawasan Lapangan Merdeka. Ribuan warga berolah raga sepeda, jalan santai, dan sebagian besar mengikuti Senam Jantung Sehat yang digelar di sepanjang Jalan Pulau Pinang. Usai senam, bergantian jalan tersebut dipadati oleh siswa-siswi Yayasan Seri Amal yang mendeklarasikan Eco Camp.

Acara pembukaan Deklarasi Eco Camp ini ditandai dengan pelepasan balon terbang oleh Wakil Wali Kota didampingi Ketua Yayasan Seri Amal, Suster Geralda Sinaga. Selain itu juga dilakukan pembacaan Deklarasi Eco Camp Save Our Earth oleh Geralda Sinaga.

Deklarasi itu berisikan komitmen melaksanakan kesadaran baru hidup ekologi yang berkualitas, sederhana, hemat, peduli, semangat berbagi, bermakna, dan berpengharapan.

Pos terkait

banner 468x60