Gubernur Jawa Barat Akan Bangun Kampoeng Pencak Silat Indonesia

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Lipsus

Koran SINAR PAGI, Bandung, Untuk melestarikan Budaya Bangsa Indonesia khususnya Pencak Silat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat,  akan membangun Kampoeng Silat Indonesia. Hal itu, diungkapkan Gubernur Jawa Barat, saat audiensi Penggurus IPSI Jabar, di Ruang Manglayang Gedung Sate.Jl.Diponegoro, Bandung. Senin (24/9). Kemarin.

Kang Emil, sapaan akrab masyarakat Jawa Barat, atau Gubernur terpilih yang baru dilantik pekan lalu berpendapat, Pencak Silat pernah disampaikan saat pidato UNESCO tahun lalu.

” Pencak silat adalah budaya bangsa Indonesia khas melayu, dan itu pernah saya sampaikan pada dunia melalui UNESCO, untuk itu mari kita kembangkan dengan penuh rasa tanggung jawab ” tuturnya.

Acara photo bersama Gubernur dan pengurus IPSI jabar,  di gedung sate. Senin (24/9) kemarin.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta Pengprov IPSI Jawa Barat untuk segera menyusun program dan anggaran kampoeng pencak silat secepatnya.

” Untuk jajaran IPSI Jabar, saya berharap secepatnya membuat draf dan program segera mungkin, agar bisa dianggarkan tahun depan, koordinasikan serta laporkan kepada kita, ” papar kang Kamil.

Masih kata dia, intinya Gubernur Jawa Barat menyetujui dan mendukung program IPSI Jabar, ” Ini sudah menjadi agenda saya dalam mengembangkan budaya Pencak Silat, agar mendunia dan lebih dikenal seluruh mancanegara bahwa pencak silat adalah budaya bangsa Indonesia, berbicara silat,.. Pasti Jawa Barat karena hadirnya kampoeng Pencak Silat, ” Ungkapnya.

Bahkan, Emil berharap Pencak Silat akan dimasukkan dalam program wajib Dinas Pendidikan, ” Nanti setiap sekolah wajib menerapkan ektra kurikuler Pencak Silat tanpa terkecuali dan berlaku untuk semua sekolah, kalau perlu ada aturannya,” pungkas kang emil disambut tepuk tangan audien.

Peserta audien serius saat Gubernur Jawa Barat paparkan program.

Sementara itu, Ketua IPSI Jawa Barat, H. Phinera Wijaya, SE menyambut antusias pemaparan gubernur dalam program budaya kampoeng pencak silat.

” Kami bersyukur, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mendukung wacana Kampoeng Pencak Silat, ini bukti bahwa Gubernur kita ini memang cinta budaya, apalagi program ini,  memang sudah diagendakan oleh pemerintah, ” Jelasnya.

Lebih lanjut, Phinera mengatakan, perihal kesiapannya atas arahan Gubernur Jawa Barat mengenai program tersebut.

” Kami akan segera menyusun program secepatnya, dalam waktu dekat akan kami bentuk tim khusus kegiatan kampoeng Pencak Silat, survei tempat padepokan, budget, dan semua hal yang terkait. ” kata Phinera Wijaya dengan tegas.

Acara rapat audiensi, dihadiri Kadispora Provinsi Jawa Barat, Humas Pemprov Jawa Barat dan Jajaran Pengurus IPSI Jawa Barat, dilanjutkan photo bersama gubernur.  ***

Pos terkait

banner 468x60