Bawaslu Kabupaten Ciamis Gelar Sosialisasi Kelembagaan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Bawaslu adalah sebuah lembaga yang bertugas memantau kegiatan Pemilu, baik Pilkada, Pemilihan Legeslatif maupun Pilpres. Berkaitan dengan hal tersebut, Bawaslu Kabupaten Ciamis menggelar acara sosialisasi tentang kelembagaan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), Senin (17/09/18), di aula museum Galuh.

Acara tersebut digelar usai kegiatan Pelantikan anggota hasil Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Cipaku.

Tampak hadir Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Polres Ciamis, perwakilan Kodim 0613, perwakilan Kejaksaan Negeri, Kesbangpol dan anggota Panwascam sebagai Kabupaten Ciamis.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Uce Kurniawan yang diwawancara awak media mengatakan, Sosialisasi kelembagaan ini juga harus disosialisasikan ke Panwascam.

“Kita harus mengucap syukur dimana lembaga yang tadinya bersipat adhoc, sekarang menjadi permanen, dan ini cukup panjang perjalanannya,” ucap Uce.

Menurutnya, Bawaslu kini diberi 3 (tiga) kewenangan yakni, pertama, kewenangan regulasi, kedua, kewenangan pengaturan tentang pengawasan dan yang ketiga, kewenangan Judikasi.

“Kewenangan Judikasi merupakan yang paling berat, karena biasanya ini jadi wewenang Pengadilan, ini yang perlu disampaikan,” tandasnya.

Kini kata dia, Bawaslu akan lebih profesional dalam menjalankan kewenangannya tersebut, disamping melakukan penguatan di tiap TPS nantinya, pungkas Uce.

banner 728x90

Pos terkait

banner 728x90