Pemerintah Desa Pasir Suren Tuntaskan Program DD Tahap Ke 2

  • Whatsapp
banner 468x60

Kontributor : Ajid Alfaro

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Sukabumi,- Keberhasilan program pembangunan desa diberbagai bidang, terutama bidang perekonomian dalam rangka meningkatkan taraf hidup warga, tidak terlepas dari peran aktif sang kepala desa yang bersangkutan.

Seperti dilakukan Kepala Desa Pasir Suren, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang telah menuntaskan program pembangunan yang didanai melalui program Dana Desa tahap ke 2 dan Bantuan Propinsi (Banprov) yang meliputi bidang ekonomi, infrastruktur jalan dan pemberdayaan masyarakat, yang menjadi skala prioritas dalam pembangunan desa.

Salah satu dari kegiatan tersebut adalah pembangunan jalan rabat beton sepanjang 915 meter dengan lebar 3,5 Cm dan tebal 10 Cm, menuju Kampung Gobang, yang dalam pengerjaannya melibatkan Ketua BPD, Ketua LPMD, TPK (Tim Pelaksana kegiatan), Kepala Dusun dan tokoh masyarakat.

Kepala Desa Pasir Suren, Enyang mengatakan, untuk pembangunan jalan rabat tersebut menggunakan anggaran sebesar Rp.200 juta dari pencairan Dana Desa tahap kedua, ditambah dana Banprov sebesar Rp.70 Juta.

“Sesuai dengan arahan pemerintah, dalam pelaksanaannya dengan sistem padat karya, dimana masyarakat diberdayakan dalam proses pengerjaannya,” ucap Entang koransinarpagijuara.com, Sabtu (15/09/18).

Ditambahkan, pembangunan infrastruktur sengaja difokuskan pada pembangunan jalan desa, mengingat Jalan Desa di Kampung Gobang masih banyak yang rusak, apalagi saat musim hujan, jalan tersebut tergenang air hingga 20 Cm, terang Enyang.

Salah satu warga yang biasa disapa Wa Peucang (55), menyambut baik pembangunan yang dilaksanakan di desanya, pasalnya, menurut dia, pemerintah desa sebelumnya tidak pernah melakukan perbaikan.

“Jalan Desa menuju Kampung Gobang ini sudah belasan tahun belum tersentuh perbaikan oleh pemerintahan desa sebelumnya,” ungkapnya kepada awak media.

Pos terkait

banner 468x60