Budaya Membaca Harus Ditanamkan Sejak Dini

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Upaya pembudayaan membaca harus ditanamkan dan dilatih pada anak – anak sedini mungkin serta dilakukan secara komunikatif. Penanganan budaya membaca tidak cukup hanya oleh guru akan tetapi orang tua, bahkan lembaga maupun Pemerintah juga ikut berperan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan, Dzulmi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Darussalam Pohan saat membuka secara resmi Pameran Buku, Lomba Minat Baca dan Lomba Menulis Karya Ilmiah tahun 2018 di Pendopo Lapangan Merdeka, Selasa (28/08). Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT RI ke – 73 ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca warga Kota Medan.

Dikatakannya, minat baca merupakan aktor utama dalam meningkatkan kualitas masyarakat dalam segi pendidikan, baik dari segi formal maupun informal. Indikator yang paling mudah untuk mengetahui tingginya minat baca adalah jumlah buku – buku baru yang terbit dan jumlah perpustakaan yang tersedia.

“Di Kota Medan Minat Baca cenderung terbatas hanya membaca surat kabar. Sedangkan minat baca yang dimaksud tentunya juga membaca buku yang memuat pengetahuan sehingga menyebabkan masyarakat menjadi cerdas dan mampu bersaing dengan negara lain”, kata Kadis Perpustakaan dan Kearsipan.

Melalui kegiatan ini, Darussalam menghimbau Agar masyarakat membudayakan membaca. Sebab sangat disayangkan apabila kemampuan membaca masyarakat tidak diikuti oleh kebiasaan membaca karena hal ini merupakan kegiatan multi manfaat.

“Melalui kegiatan ini saya mengajak masyarakat membudayakan minat membaca, agar memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang luas”, ujarnya.

Pada Pameran ini juga digelar perlombaan Menulis Karya Ilmiah, tentunya kegiatan ini akan semakin menambah semangat generasi muda kita untuk berkarya melalui tulisan yang dihasilkannya. Selain itu ini juga menjadi wadah mereka untuk menghasilkan karya ilmiah.

Sebelumnya, Kabid Pengembangan Koleksi Layanan dan Konservasi Bahan Pustaka, Budi Ansyari Lubis dalam laporannya mengungkapkan, Pameran Buku yang digelar dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 ini akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 28 Agustus sampai 31 Agustus 2018.

Kegiatan ini diisi juga berbagai Perlombaan, diantaranya lomba karya ilmiah, lomba minat budaya membaca, lomba pidato dan lomba presenter.

Pos terkait

banner 468x60