PDAM Tirta Galuh Ciamis Akan Naikan Tarif Air Minum di Tahun 2018

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI Kabupaten Ciamis,- Per tanggal 1 September tahun 2018 mendatang, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh, Ciamis akan menaikan tarif dasar air minum, kata Direktur PDAM Tirta Galuh Ciamis, Cece dalam acara jumpa konsumen yang digelar di Tyara Hotel, Selasa (28/08/18).

Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan rencana kerja dan anggaran perusahaan yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan nomor 122 tahun 2015 dan Permendagri nomor 71 tahun 2016.

“Penyesuaian tarif air minum tahun 2018 berkisar antara 14 sampai dengan 20 % bervareasi menurut jenis pelanggan,” ungkapnya.

Menurutnya, kenaikan tarif dasar tersebut dilakukan PDAM Tirta Galuh untuk menghadapi tantangan yang tidak ringan dalam upaya memberika pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan, baik dalam sisi kualitas maupun kuantitas.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka PDAM harus berani mengambil langkah taktis dalam hal pembiayaan investasi demi kemajuan pelayanan di wilayah, imbuhnya.

“Kebutuhan pendanaan PDAM untuk mendukung pencapaian target RPJRM yang cukup besar yakni mencapai Rp.174 M, jauh diluar kemampuan pendanaan PDAM,” ucapnya.

Diungkapkan Cece, permasalahan yang berpengaruh terhadap kecukupan struktur tarif adalah dengan adanya perubahan penghitungan beban oprasional seperti listrik, BBM, bahan kimia dan pemeliharaan.

Salah satu konsumen PDAM Tirta Galuh, Atik (45) yang di wawancara koransinarpagijuara.com mengatakan, sebagai pelanggan PDAM yang memerlukan air tiap hari apalagi dimusim kemarau, mengaku tidak punya pilihan lain selain mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan.

“Mau gimana lagi, sebagai masyarakat kecil, saya hanya bisa mengikuti kebijakan yang ada, terlebih saya tidak punya sumur, jadi mau tidak mau ikut saja lah,” pungkasya.

Pos terkait

banner 468x60