Rapat Ranperda Perlindungan PK5 di DPRD Medan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota  Medan,-  Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga membuka rapat nota pengantar penyampaian Ranperda usul inisiatif menjadi Ranperda inisiatif DPRD Kota Medan tentang Perlindungan Pedagang Kecil Kota Medan, Senin lalu.

Dalam nota pengantarnya Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli mengatakan usulan 9 Fraksi DPRD kota Medan tentang Ranperda Perlindungan Pedagang Kecil Kota Medan, dapat terlaksana karena adanya kerja sama yang baik dan rasa tangung jawab,untuk kemajuan pembangunan di segala bidang dipembentukan Perda di Kota Medan.

Selanjutnya Nanda meminta Pemerintah daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta dalam peningkatan daya saing serta perinsif demokrasi.

Harus benar-benar diarahkan ke seluruh lapisan masyarakat tidak terkecuali kepada PK5 atau pedagang kecil sehingga apa yang diamanatkan dalam pasal 33 Undang-undang dasar 1945 tentang perekonomian dikuasai oleh negara tetapi diperuntukan untuk kemakmuran maayarakat,” katanya.

Menurutnya pedagang kecil adalah pedagang yang sering tampak berjualan di tempat umum seperti pinggir jalan,trotoar dan kaki lima. Padahal kata Nanda pedagang kecil sesungguhnya merupakan potensi yang sangat luar biasa menghasilan PAD jika dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah.

“Pedagang kecil mampu menstabilkan harga-harga jika terjadi krisis moneter seperti yang terjadi ditahun 1998, tidak sedikit perusahan besar gulung tikar karena tidak mampu mempertahankannya,” jelas Nanda.

Nanda menilai Kota Medan yang luasnya 26.510 ha atau 265.10 km2 dan jumlah penduduknya sekitar 2.229.408 jiwa menurut data BPS kota Medan tahun 2017 terdiri dari 21 kecamatan,151 kelurahan dan 2001 lingkungan bukanlah mudah untuk menatanya.

Untuk itu DPRD kota Medan mengusulkan agar Ranperda perlindungan pedagang Kaki Lima dapat dijadikan Peraturan Daerah (Perda) oleh pemerintah daerah dan dapat disetujui.

Pos terkait

banner 468x60