Simulasi Penyelamatan Korban Tenggelam Atlite Venoe Canoe Slalom

Pewarta : Abi Cris

Koran SINAR PAGI, Majalengka,- Tim SAR gabungan TNI Polri Wilayah Majalengka Polda Jabar terdiri dari Tim SAR Angkatan Laut (TNI AL) dan Pol Air Serta Brimob Polda Jabar mengadakan latihan bersama penyelamatan korban tenggelam di Lokasi Venoe Canoe Slalom Bendung Rentang Jatitujuh Kabupaten Majalengka, Senin (06/08/18).

Kegiatan ini diikuti tiga Pleton (90 orang) prajurit terdiri dari TNI AL, Pol Air dan Sat Brimob serta Satuan Sabhara Polres Majalengka menuju wilayah perairan Venoe Canoe Slalom Bendung Rentang Jatitujuh Kabupaten Majalengka.

Selain latihan penyelamatan atlet korban tenggelam, dilaksanakan juga latihan kering penyelamatan Atlite, perbekalan, sandi morse.

Ada yang menarik, saat melakukan latihan penyelamatan korban yang jatuh dan tenggelam, Prajurit TNI AL dan Polair dengan dilengkapi pakaian serba orange dan pelampung langsung menyelamatkan Atlite yang tenggelam.

Setelah itu kapal karet menghampiri dan mengambilnya lagi sembari mempraktekkan pelajaran yang didapat tentang bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada korban tersebut.

“Ini kita cek kondisi badannya dulu, trus kita cek ada luka apa tidak, lalu korban dimiringkan ke kanan dan kiri untuk mengeluarkan air yang masuk ke paru-parunya, yang terakhir bila korban masih ada nafasnya, kita kasih pernafasan buatan,” ujar AKBP Indra.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 30 menit dan melibatkan 9 (sembilan) orang prajurit di kapal tersebut.

(4)