Kapolda Riau Letakkan Batu Pertama Bangunan Mako Polres Rokan Hulu

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Acce Nauli H

Koran SINAR PAGI Juara, Rokan Hulu,- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Nandang MH, resmi meletakkan dan menempatkan batu pertama serta menandatangani prasasti,sebagai simbol dimulainya pembangunan Markas Komando (Mako) Polres Rokan Hulu, di Jalan Lingkar Km.4 Pasir Pengaraian.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Muhammad Hasyim Risahondua, dalam keterangannya menyampaikan, pembangunan Mako Polres yang bertumpu diatas lahan seluas 6 (enam) Hektare, dengan ukuran 2.400 meter persegi, berserta 1 unit fasilitas umum itu memakai jumlah biaya Rp11.311.413.000 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Polres Rokan Hulu tahun 2018.

Pelaksanaan pengerjaan Mako Polres, Terang AKBP M Hasyim, ditangani oleh PT Cahaya Panam Perkasa (CPP) selaku pemenang lelang, dengan tanggal kontrak 2 Juli 2018, waktu pelaksanaan selama 180 hari kalender, serta konsultan pengawas Indrawati Arsitektur.

AKBP M Hasyim menguraikan, pada tahun 2013 Polres Rohul sebenarnya sudah memperoleh bantuan hibah tanah dan bangunan dengan kondisi 60 persen dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang berada di kawasan Jalan Lintas Ujung Batu- Pasir Pengariaan- Okak- Rambah samo.

Namun, karena lokasi yang jauh dari pusat kota dan pusat pemerintahan, Polres Rokan Hulu akhirnya mengembalikan lahan dan bangunan tersebut kepada Pemkab sebagai aset daerah. Sebagai gantinya, Pemkab Rokan Hulu kembali menghibahkan lahan seluas 6 hektare di Jl. Lingkar Km.4 Pasir Pengaraian.

Sedangkan Bupati Rokan Hulu Sukiman, menilai pengalokasian pembangunan Mako Polres memiliki perencanaan yang sangat strategis dalam upaya menjamin pelayanan kepada masyarakat serta Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Negeri Seribu Suluk.

Menurutnya, dalam membangun suatu Kabupaten dan daerah tidak akan dapat dilakukan sendiri oleh Pemerintah, melainkan membutuhkan sinergisme dan sinergitas dari lembaga Legislatif dan Yudikatif.

“Kami Pemerintah Kabupaten berkomitmen sepenuhnya untuk mendukung Polri dalam melengkapi sarana dan prasarana. Sebab jika Polisi kuat, maka keamanan di Rokan Hulu tentunya juga akan lebih terjamin”, tandas Sukiman, Jumat (03/08/18) pagi, usai menandatangani Prasasti peresmian peletakan batu pertama pembangunan Mako Polres Rokan Hulu.

Sementara, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Rohul yang telah menghibahkan lahan kepada Polres Rohul sehingga pembangunan Mako Polres Rohul dapat teralisasi.

Pembangunan Mako Polres Rohul, menurut Irjen Pol Nandang, merupakan bentuk komitmen Polri dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, Ia menyatakan baru terdapat 10 Mako Polres yang sudah dibangun secara repsentatif, termasuk Kabupaten Rokan Hulu yang tahun ini dimulai pembangunannya.

Salah satu kesulitan dalam pembangunan Mako Polres, Jelasnya, terkait pembebasan lahan. Pasalnya, didalam pembangunan tidak terdapat anggaran pembesan lahan, yang ada hanya anggaran pembangunan fisik.

Ia menambahkan, Pembangunan Mako Polres direncanakan selesai pada akhir tahun 2018. Selain menjadi Markas Komando, dilokasi juga telah didirikan asrama, rumah dinas, lapangan tembak, lapangan olahraga bagi anggota Polres Rokan Hulu. Disamping itu, juha akan dilengkapi fasilitas masjid yang merupakan bantuan dari kontraktor pemenang tender pembangunan.

Tampak dihadiri, Pj Setdakab Rokan Hulu Abdul Haris, unsur forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Rokan Hulu, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Pejabat dilingkungan Polres dan Polda Riau, serta sejumlah tokoh dan elemen masyarakat.

Pos terkait

banner 468x60