Pekan Pemungutan Dan Pelunasan PBB P2 Di Kabupaten Muara Enim

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Iwan Brata Darma

Koran SINAR PAGI, Muara Enim,– Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) P2 adalah pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Dengan berlakunya Undang-Undang nomor.28 tahun 2007 tentang Pajak dan Retribusi Daerah maka kewenangan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) telah diserahkan ke pemerintah kabupaten/kota.

Sedangkan PBB sektor Pertambangan, Perhutanan, dan Perkebunan (PBB P3) masih berada dibawah kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak.

Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melaksanakan Pekan Pemungutan dan Perikanan PBB P2 tahun 2018 di lapangan Kantor Kecamatan Lubai.

Tampak turut menghadiri acara tersebut, Pj.Bupati Muara Enim, Tedy Melwansyah, Kepala Cabang Bank Sumsel, Wakil Ketua DPRD Muara Enim, Kapolsek Lubai, para kepala desa dan masyarakat Kecamatan Lubai.

Pj.Bupati Muara Enim, menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk selalu taat dan tepat waktu dalam membayar pajak, karena kata dia, pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan di Kabupaten Muara Enim.

“Pembayaran pajak yang lancar akan memperlancar juga pembangunan berbagai sarana dan prasarana serta fasilitas yang berguna untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan Pekan Pemungutan dan Pelunasan PBB P2 diwilayahnya, disambut baik oleh Camat Lubai, Edi Suprianto, menurut dia, PBB-P2 dapat mencapai sasaran seluruh wajib pajak baik yang ada ditingkat kecamatan dan desa agar berpartisipasi dalam membayar pajak, sehingga dapat membangun perekonomian Kabupaten Muara Enim disektor pendapatan.

Dalam acara yang digelar Kamis (02/08/18) tersebut, bagi desa – desa yang sudah melunasi PBB P2 diberikan penghargaan.

Pos terkait

banner 468x60