Pemdes Sukamerang Bangun Embung Air Dengan DD

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Fitri

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Garut,- Sesuai dengan tujuan awalnya, program Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ini digulirkan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pemberdayaan masyarakat dan kemasyarakatan yang berbasis desa secara merata dan berkeadilan.

Berkaitan dengan tersebut, Pemerintah Desa Sukamerang mengalokasikan kucuran dana tersebut untuk pembangunan Embung Air di Kp.Sukamerang RW.8, Desa Sukamerang Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut.

Dipilihnya Embung Air untuk menghindari kekeringan memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga warga dibeberapa kampung di yang ada di desa tersebut.

Tak tanggung – tanggung Kepala Desa Sukamerang menghibahkan tanahnya seluas 322 m2, untuk lahan pembangunan Embung Air tersebut.

Seperti dikatakan Rizal, Ketua TPK Sukamerang, menurutnya pembangunan embung air untuk menyuplai kebutuhan air warga ke beberapa kampung.”Air dari Embung ini nantinya disalurkan ke beberapa kampung yang kekurangan air untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” ucapnya kepada koransinarpagijuara.com, Senin (30/07/18).

Kata dia, Desa Sukamerang merupakan daerah tadah hujan, sehingga pada musim kemarau, air sangat sulit didapat, maka pembangunan embung air dipandang sangat  urgen didaerahnya, ucap Rizal.

Dijelaskan, lahan pembangunan Embung Air merupakan milik Kepala Desa Sukamerang yang dihibahkan, sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai rencana.”Dengan dibangunnya embung air ini, minimal masyarakat Desa Sukamerang tak terlalu kekeurangan air seperti yang kerap terjadi selama ini,” terangnya.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Sukamerang atas hibah lahan tersebut, sehingga warga tidak akan lagi kekurangan air bersih, pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60