Pengurus Sumedang Di Lantik, PWI Jabar : Akan Ada Kode Etik Perilaku Wartawan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Jeky

Koran SINAR PAGI, Sumedang,- Bertempat di Gedung Negara Sumedang 8 orang pengurus Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Sumedang Periode 2017 – 2020 dengan ketuanya Cecep WP dilantik oleh Ketua PWI Jawa Barat Mirza Zulhadi, Selasa (03/07/18).

Dalam sambutannya Ketua terpilih Cecep WP dari Harian Radar sempat menyampaikan terimakasih nya kepada para hadirin yang hadir, diantaranya para undangan seperti tokoh masyarakat H. Umuh Muhtar, para camat juga kepada Sekda H. Amim dan unsur Forkominda lainya.

Disela sambutanya Cecep juga sempat mengatakan jika kedepan mesti ada regenerasi untuk pemilihan ketua PWI Sumedang,

“Berat untuk menjadi ketua PWI dua kali, apalagi untuk saya pemilihannya dilakukan secara aklamasi mesti ada regenerasi, kedepan, sebaiknya pemilihanya jangan melalui aklamasi seolah itu tidak sehat karena terkesan menutup peluang rekan – rekan yang lain yang berpotensi muntuk menjadi ketua”, ujar Cecep.

Makanya dikatakan Cecep, ia akan membuka peluang untuk menjadi anggota PWI dengan catatan sudah lulus Uji Kompetisi Watawan ( UKW ) terlebih dahulu.

“Diprogram kerja nanti, kami akan mengadakan UKW kembali, hal itu penting dilakukan”, ucap nya.

Sementara Ketua PWI Jawa Barat Mirza Zulhadi dalam sambutanya menyampaikan apresiasinya terhadap keinginan ketua terpilih Cecep, untuk kembali mengadkan UKW.

“( Bahkan ) Kedepan kalau tidak salah tahun depan ini Dewan Pers akan mengeluarkan kebijakan, hanya wartawan yang sudah ikut UKW saja yang bisa dilayani oleh narasumber”, ujar Mirza.

Dan berikutnya dikatakan Mirza, selain wartawan yang sudah ikut UKW, yang akan dilayani narasumber yaitu bagi perusahaan pers nya yang sudah terverifikasi di Dewan Pers.

Oleh karena itu diingatkan Mirza ikut UKW itu sangat penting dan juga selanjutnya ia mengingatkan agar wartawan selalu menjalankan tugasnya sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Kini selain kode etik jurnalistik diutarakan Mirza, terkait infornasi banyaknya dilapangan adanya perilaku wartawan diluar kode etik yang
kadang mereka (oknum wartawan – red) bertindak berlebihan, maka dikatakan Mirza, kami dari PWI di kongres PWI nanti akan membuat dan mengusulkan adanya Kode Etik Perilaku .

“Kode etik perilaku nanti akan menjadi bahasan dan merupakan hasil dari kongres PWI, selama ini kami sering mendengar adanya perilaku wartawan ( oknum -red ) yang kadang mereka kalau bertanya seperti jaksa”, ucap Mirza.

Dari Surat Keputusan PWI Pusat Nomor : 483- PKUPP /PWI -2018, maka pengurus PWI Kabupaten Sumedang ditetapkan sebagai berikut :

Ketua : Cecep W Prihatin ( HU. Radar Bandung )
Wakil Ketua : Ade Hadeli ( HU. Galamedia )
Sekretaris : Emi Suhami ( HU. Kabar Priangan )
Wakil Sekretaris : Adang Jukardi ( HU. Pikiran Rakyat )
Bendahara : Endan Dodi K ( HU. Lintas Sumedang )
Seksi – seksi :
1. Seksi Wartawan Orgaisasi : Rikhalmi Kadrial ( Lintas Sumedang ).
2. Seksi Wartawan Advokasi : Kurniawan ( Radar Bandung ).
3. Wartawan Kesejahteraan : Azis Abdulah (Kabar Priangan).

Pos terkait

banner 468x60