Bupati Ogan Ilir Launching Call Centre Pelayanan Kesehatan

  • Whatsapp
banner 468x60

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat di Bumi Caram Seguguk, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Dinas Kesehatan melaunching Call Centre pelayanan kesehatan. Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (03/07/18)

Peluncuran layanan kesehatan ini langsung dilaunching oleh Bupati OI HM Ilyas Panji Alam yang didampingi Sekda H Herman, Asisten II Muhsin Abdullah, Pabung 0402 OKI-OI, Kepala OPD dan Kabag dilingkungan Pemkab Ogan Ilir, dan disaksikan oleh para petugas dari Dinas Kesehatan yang terlibat langsung melayani program teranyar dari Dinkes OI.

Launching ini ditandai dengan penekanan tombol sirene dan pemotongan pita ruangan call centre disalah satu ruangan Dinkes OI, oleh Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Ogan Ilir dr Siska Susanti mengatakan layanan ini lakukan sebagai bentuk peningkatan layanan kesehatan di Kabupaten OI yang meliputi pelayanan ambulance (082373845118), pelayanan kedaruratan (082373853119), pelayanan donor darah (082373848115), pelayanan apotek (082373850106), pelayanan konsultasi dokter(082373850106)” jelasnya dihadapan Bupati OI HM Ilyas Panji dan pulahan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Lebih Lanjut dalam sambutannya dr Siska mengatakan adapun standar lima pelayanan ini adalah pasien menghubungi call centre. Seperti alur layanan kegawatdaruratan pasien menghubungi call centre 0823 7385 3119 petugas akan menanyakan dan mencatat laporan kejadian idensitas pasien, setelah mendapat laporan tim bergerak menuju ke lokasi kejadian, selanjutnya tim melakukan tindakan pertama guna penyelamatan pasien dan seterusnya pasien akan diantar kerumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” jelasnya.

Dan Kadinkes OI meneruskan layanan ini sejak dilaunching perhari ini bisa diakses dan karena layanan ini masih baru, tentu masih ada kekurangan namun kekurangan itu akan terus diperbaiki, meskipun program ini masih baru namun dirinya optimis layanan ini dapat berjalan sesuai harapan bersama antara pemda dan seluruh masyarakat OI, tutupnya.

Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam menyambut baik program call center di Kabupaten Ogan Ilir, walaupun diakuinya OI bukan yang pertama, namun ia berharap program ini memberikan yang terbaik bagi masyarakat,

Dari 5 program pelayanan Call center, 2 layanan membutuhkan tenaga yang banyak seperti layanan ambulans serta gawat darurat, sehingga dibutuhkan tenaga medis yang cakap, baik perawat ataupun dokter.

Agar pelayanan bisa berjalan dengan baik, ia berharap, ambulans dikumpulkan, dan di cek kondisi nya,”Kendaraan ambulans tidak boleh di bawa pulang, apalagi digunakan untuk kepentingan pribadi, akan saya ganti kepala Puskesmasnya,” tegasnya.

Menurutnya, program ini harus dilaksanakan secara bersama – sama, “Pihak rumah sakit harus berkoordinasi dengan puskesmas, tidak lagi yang namanya pasien naik angkot,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 468x60