Wali Kota Tinjau Warga Korban Kebakaran Di Bagan Deli

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Kota Medan,- Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin minta warga yang menjadi korban amuk si jago merah di Jalan Raya Pelabuhan Belawan Lorong Veteran Lingkungan 10 dan 14, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan agar tabah dan sabar menghadapi musibah yang cukup berat tersebut. Sebab, Pemko Medan akan berupaya sekuat tenaga untuk membantu meringankan beban seluruh korban.

Ungkapan ini disampaikan Wali Kota ketika mengunjungi lokasi kebakaran bersama Kapolresta Belawan AKBP Ikhwan Lubis beserta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan. Selain meninjau rumah warga yang terbakar, kunjungan itu dilakukan untuk memberikan bantuan sekaligus dukungan kepada seluruh korban kebakaran.

Musibah kebakaran yang terjadi, Minggu (01/04), sekitar pukul 20.00 WIB tersebut, menyebabkan 13 unit rumah milik warga yang dihuni 13 KK atau 57 jiwa tak dapat dihuni lagi karena hangus terbakar berikut isinya. Saat ini warga yang menjadi korban kebakaran terpaksa menumpang tinggal di rumah warga sekitar maupun sanak keluarga.

Dalam kunjungan itu Wali Kota menyerahkan bantuan kepada para korban berupa sembako, peralatan tidur, perlengkapan sekolah, perlengkapan mandi serta bahan bangunan berupa seng dan kayu,“Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat, sekali lagi saya berharap agar bapak dan ibu untuk tetap sabar serta ikhlas, Insya Allah kita sama-sama bergotong-royong membangunnya sehingga rumah yang terbakar ini dapat berdiri dan dihuni kembali,” ungkapnya.

Selain itu Pemko Medan melalui Dinas Sosial juga memberikan bantuan kepada para korban kebakaran 30 buah karpet dan tenda darurat yang dapat dihuni 5-6 orang sebanyak 10 tenda.

Usai memberikan sambutan, Wali kota bersama Kapolresta Belawan, pimpinan OPD serta Camat Medan Belawan Ahmad selanjutnya meninjau bangunan rumah warga yang telah hangus terbakar. Tak satu pun material bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu tersisa.

Selanjutnya Wali Kota meninjau dapur umum yang didirikan Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Medan di rumah salah seorang warga. Wali kota berpesan agar dapur umum dapat melayani makanan dan minuman warga dengan sebaik-baiknya.

“Jangan sampai warga yang menjadi korban kebakaran terlambat makan. Saya minta BPBD Kota Medan mengawasi dan bertanggungjawab penuh untuk itu!” tegasnya.

(3)