Festival Durian Lokal Kalijaya

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Karang Taruna, “Taruna Jaya” Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis pada musim durian kali ini menyelenggarakan Festival Durian Lokal Kalijaya, dengan mengambil tema “Bersama Membangun Desa Untuk Masyarakat Yang Lebih Sejahtera”.

Festival yang digelar selama 3 hari sejak Jum’at hingga Minggu (02-04 /03/18) tersebut dibuka langsung oleh Pejabat Bupati Ciamis, Ir.Dedi Mulyadi dan dihadiri Kadis Pertanian, Camat Banjaranyar dengan melibatkan sponsor dari berbagai intansi dan perusahaan.

Masyarakat Desa Kalijaya menyambut baik acara tersebut, bahkan masyarakat diluar Desa Kalijaya pun beduyun – duyun datang memadati area festival untuk sekedar mencicipi durian Kalijaya, namun ada juga yang hanya sekedar jalan – jalan bersama keluarga.

Ketua Karang Taruna Desa Kalijaya, Candra Dasiana,SP yang dijumpai Koran Sinar Pagi mengatakan, dalam kegiatan yang pertama kali diselenggarakan tersebut, panitia merekrut 16 orang bandar durian yang ada di Desa Kalijaya.

“Untuk menampilkan durian unggulannya mereka ditempatkan dalam 9 stand festival,” katanya.

Diselenggarakannya festival ini, lankutnya, untuk memperkenalkan bahwa kualitas dan rasa dari durian lokal Kalijaya tidak kalah dengan durian luar.

Dia berarap, melalui Festival Durian ini, Durian hasil para petani Desa Kalijaya bisa terus meningkat, sehinnga bisa dkenal dimana – mana, pungkas Chandra.

Kepala Desa Kalijaya, Suharno berharap, dengan diadakannya festival tersebut para petani durian bisa lebih tertarik untuk mengembangkan tanaman yang bisa menghasilkan,sehingga dapat meningkatkan taraf hiidup petani sendiri.

“Saya berharap Festival Durian ini akan jadi agenda rutin karang taruna Desa Kalijaya,sehingga durian akan menjadi icon Desa Kalijaya,” tandasnya.

Acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut dimeriahkan dengan berbagai acara diantaranya, lomba durian termanis dan durian tersuper, selain itu digelar juga lomba Jalan Santai, Lomba MakanDurian dan dihari penutupan, Minggu (04/03/18) dilakukan Pembagian Hadiah dan Trabas Motor.

(32)