Silaturahmi Deklarasi Pilkada Sumut Damai Tanpa Sara Bersama Insan Pers Mitra Poldasu

Pewarta : Ester

Koran SINAR PAGI, Sumatera Utara,- Polda Sumut melaksanakan Kegiatan Silaturahmi dan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA Bersama Insan Pers Mitra Polda Sumatera Utara yang turut dihadiri oleh Ketua IJTI Sumut, Budiman, Perwakilan AJI Sumut, Vincensius Sitepu, Pimpinan Redaksi Top Metro, Lilik Riadi dan sekitar 200 orang wartawan Mitra Polda Sumut, Jum’at (09/02/18).

Dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan pembacaan deklarasi pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA oleh wartawan.

Silaturahmi dan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA Bersama Insan Pers Mitra Polda Sumatera Utara

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Rina Sari Ginting mengatakan, pertemuan tersebut merupakan implementasi dari rencana kegiatan Satgas Nusantara, khususnya Sub Satgas Manajemen Media di Polda Sumut.

“Rekan Media adalah salah satu bagian dari mitra kepolisian dalam mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan aman tanpa SARA di Wilayah Sumut,” ucapnya.

Dia berharap dalam pemberitaan media tetap bisa menjaga netralitas dan berimbang, serta memberikan informasi secara utuh yang mencerdaskan serta mengedukasi publik.

“Mari bersama mensukseskan pesta demokrasi Pilkada 2018 ini menjadi alat pemersatu keberagaman yang kita miliki di Prov.Sumut,” tandasnya.

Selanjutnya mewakili insan Pers, Vincensius Sitepu dari Aliansi Jurnalis Independen menyebutkan, setiap hasil dari tugas seorang jurnalis harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Jurnalis Indonesia harus bisa menjadi wasit dan pengawas, serta teliti dan seksama terhadap pelaksanaan Pilkada 2018. Jurnalis yang terkait menjadi anggota Partai Politik, lebih baik mengundurkan diri dari tugas sebagai jurnalis,” ucapnya.

Sementara Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, dari pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang sinergis dan harmonis atara insan pers dengan Polda Sumut dalam mewujudkan kamtibmas yang aman, damai dan kondusif khususnya dalam pelaksanaan Pilkada 2018 di Prov. Sumut.

“Mengingat suhu politik yang semakin memanas, maka Polri membentuk Satgas Nusantara yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya isu-isu provokatif terkait isu primordialisme (SARA), sebagai implementasi rencana kerja Satgas Nusantara, maka Polda Sumut menggelar pertemuan dan Deklarasi Pemberitaan Pilkada Damai tanpa SARA Bersama Insan Pers Mitra Polda Sumut hari ini,” ujarnya.

Ditegaskannya, Polda Sumut telah berkomitmen untuk mendukung insan pers dalam melaksanakan tugas dan akan memberikan pelayanan kepada insan pers dalam melaksanakan tugasnya.

(43)