Warga Desa Sukamukti Keluhkan Kondisi Jalan Yang Rusak Parah

Pewarta : A Y Saputra

Koran SINAR PAGI, Kabupaten Ciamis,- Warga Masyarakat Desa Sukamukti Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis keluhkan kondisi jalan di desanya yang rusak parah, padahal tersebut adalah akses utama warga dalam beraktifitas sehari – hari dan dilalui angkutan pedesaan yang menghubungkan Kecamatan Banjarsari – Desa Sukajadi – Desa Sukamukti – Desa Kertahayudan Desa Pamarican.

Berbagai upaya dilakukan warga untuk menarik perhatian pemerintah agar peduli dengan kondisi jalan tersebut, salah satunya melalui aksi yang dituangkan dalam tulisan – tulisan bernada kritik, seperti yang ditunjukan seorang warga Hojim RT.05/RW.02 Dusun Sidamulya, Desa Sukamukti “ZAMAN NOW JALAN KAYA DANAU PICEK MATANE”.

Kendati belum diketahui siapa penulisnya, namun demikian dia mendukung aksi tersebut, pasalnya memang kondisi jalan diwilayahnya butuh perbaikan.

Aksi protes tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Sukamukti, Agus Ilham yang berhasil ditemui Koran Sinar Pagi diruang kerjanya, dia mengatakan, tahun 2016 jalan tersebut pernah mengalami perbaikan namun hanya sepanjang kurang lebih 800 meter, sementara sisanya sekitar 500 meter tidak diperbaiki.

“Terkait kondisi jalan yang rusak ini sudah seringkali kami usulkan untuk mendapat perbaikan, namun hingga kini belum ada tanda – tanda akan terealisasi, pejabat terkait seolah tutup mata,” ujarnya.

Padahal, lanjutnya, selain menjadi akses utama warga, jalan ini berstatus jalan kabupaten, atas nama warga dan perangkat desa,”Saya sangat prihatin dengan kondisi jalan yang mirip danau, apa yang diprotes warga memang benar adanya,” tutur Agus.

(74)