Kondisi Polindes Desa Sarang Lang Memprihatinkan, Terancam Roboh

Pewarta : Heri Kusnadi

Koran SINAR PAGI, Ogan Ilir,- Pondok Bersalin Desa (Polindes) yang terletak Dusun 1 Desa Sarang Lang Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir kondisinya sungguh memprihatinkan akibat belum pernah tersentuh perbaikan sejak berdiri beberapa tahun silam.

Seperti diungkapkan Taufik, Kepala Desa Sarang Lang,”Setiap ada pergantian Bidan Desa yang akan menempati polindes tersebut, ia akan merenovasi memakai uang pribadinya,” tuturnya saat ditemui Koran SINAR PAGI.

Akibat kondisi bangunan yang sudah tidak layak ditempati, bidan desa enggan bertugas ditugaskan di desa tersebut, bahkan tak sedikit yang memilih mengundurkan diri dari tugasnya sebagai Bidan Desa.

Seperti dituturkan salah saru warga sekitar,”Setiap ada Bidan yang ditugaskan mereka tidak mau menempati bangunan tersebut, mereka lebih memilih untuk pulang – pergi, pagi datang dan sorenya pulang” ujar dia.

Warga Desa Sarang Lang berharap, pemerintah segera memperbaiki bangunan Polindes dimaksud, karena dikhawatirkan akan roboh, sehingga membahayakan penghuninya.

“Kalau kondisi bangunannya layak, pasti ada Bidan yang mau bertugas dan menetap di desa ini, sehingga masyarakat bisa berobat dengan lancar,” katanya penuh harap.

Ditegaskan, kalau ada bidan yang bertugas didesanya, masyarakat siap membantu,”Seandainya tidak ada tempat kerja untuk bidan, akan kami siapkan dan bekerja sama dengan pihak Puskemas,” ujarnya.

Diakuinya, sudah ada calon bidan pengganti bidan yang lama, namun sayang, kondisi polindesnya tidak mendukung, tandasnya.

(98)